PotretNews.com Selasa 21 Agustus 2018
Home > Berita > Umum

267 Warga di Tiga Kabupaten di Riau Terjangkit Penyakit akibat Banjir

267 Warga di Tiga Kabupaten di Riau Terjangkit Penyakit akibat Banjir

Ilustrasi.

Jum'at, 10 Maret 2017 18:35 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Dinas Kesehatan Provinsi Riau mencatat sebanyak 267 warga pada tiga kabupaten di Provinsi Riau dari lima yang terdampak banjir mulai terjangkit berbagai penyakit."Mereka warga terdampak banjir di Kabupaten Kuantan Singingi dan Pelalawan dan Kampar," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Jumat (10/3/2017), dilansir potretnews.com dari antara via republika.co.id.

Mimi mengemukakan, penyakit yang menyerang 267 warga tersebut akibat banjir yang merendam wilayah Riau sejak awal Maret lalu. "Data yang terhimpun sejak 3-9 Maret baru tiga kabupaten yang melaporkan, Itu diperoleh dari beberapa pos kesehatan yang didirikan di wilayah banjir," katanya.

Menurut Mimi, jenis penyakit yang biasa muncul pascabanjir seperti kulit, diare, snfeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan sebagainya yang bisa saja kambuh dan diperparah akibat kondisi alam.

Ads
Seperti yang menimpa tiga kabupaten di Riau terdampak banjir, terbanyak adalah ISPA termasuk demam dan batuk kemudian penyakit gatal-gatal. "Ada 84 warga di tiga wilayah terdampak banjir tersebut yang kena penyakit ISPA," katanya.

Selain itu ada penyakit gatal-gatal mencapai 60 orang, rematik arthitis 67 orang dan diare sekitar 30, sisanya tercatat berbagai penyakit lain yang timbul seperti ulu hati, persendian dan sebagainya.

Pihaknya melalui Dinas Kesehatan kabupaten terdampak banjir sudah melakukan pengobatan. Untuk warga yang terserang berbagai penyakit ini tindakan yang sudah dilakukan menyediakan pengobatan gratis di setiap pos kesehatan yang sudah didirikan di posko banjir setempat. "Sejauh ini semua pelayanan pengobatan dan pemeriksaan masih bisa ditangani oleh Diskes setempat," katanya.

Termasuk kebutuhan obat-obatan, dia menambahkan, masih cukup menggunakan stok dimiliki Puskesmas dan Diskes setempat. "Sejauh ini belum ada permintaan obat-obatan ke kami Provinsi Riau," katanya.

Namun demikian jika nanti ada permintaan obat-obatan karena kekurangan, Diskes Riau siap membantu. "Jenis obat yang kami siapkan adalah untuk pelayanan kesehatan dasar," katanya.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mencatat ada lima kabupaten di Riau terkena banjir, yakni Kampar, Indragiri Hulu (Inhu), Rokan Hulu, Pelalawan dan Kuansing. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Tour de Siak 2018
wwwwww