Home > Berita > Siak

Begini Ekspresi Bupati Siak Syamsuar Saat Menerima Penghargaan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Pekanbaru

Begini Ekspresi Bupati Siak Syamsuar Saat Menerima Penghargaan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Pekanbaru

Bupati Kabupaten Siak H Syamsuar menerima langsung penghargaan dari Kapolri Jendral Tito Karnavian di Kota Pekanbaru. (foto: humas setdakab siak/potretnews.com)

Jum'at, 03 Maret 2017 22:43 WIB
Sahril Ramadana
PEKANBARU, POTRETNEWS.com  - Keberhasilan program satu kampung satu Rumah Kantor (Rukan) Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, Provinsi Riau telah membuahkan hasil.  Keberhasilan itu tidak terlepas dari wujud kepedulian pemerintah daerah dalam berperan mewujudkan Kamtibmas di daerah setempat. Atas pencapaian itu, Bupati Siak H Syamsuar langsung menerima penghargaan dari Kapolri Jendral Tito Karnavian, Jumat (3/3/2017).

"Saat ini, jumlah rukan yang telah dibangun di daerah Kabupaten Siak mencapai 131 unit. Jumlah itu sama dengan jumlah kelurahan dan kampung di daerah setempat," ujar Syamsuar, saat menghadiri Launching Inovasi Pelayanan Publik Berbasis IT oleh Kapolri di Ballrom SKA Co-ex di Kota Pekanbaru.

Dikatakan Syamsuar, pembangunan rumah kantor di daerah setempat, telah tuntas pada tahun 2015 lalu. Itu bertujuan untuk memberikan dukungan kepada Polri dalam mewujudkan suasana aman dan tenteram ditengah masyarakat.

“Bentuk dukungan kita, ialah melalui pembangunan sarana dan prasarana penunjang tugas kepolisian di jajaran Polres Siak,” kata Syamsuar.

Bahkan lanjutnya, berdasarkan Undang-undang No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Pasal 15 telah menyebutkan, bahwa keamanan ketertiban dan ketentraman serta perlindungan masyarakat menjadi urusan wajib, dan termasuk dalam pelayanan dasar yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

“Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) merupakan modal dasar bagi pemkab untuk menjalankan roda pembangunan,”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pemerintahan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak Budhi Yuwono menjelaskan, pembangunan 131 unit Rukan Bhabinkamtibmas tersebut dilakukan dalam tiga tahap, dan tuntas direalisasikan pada tahun 2015 lalu.

“Di tahun 2014, Rukan dibangun sebanyak 86 unit, disusul pembangunan 20 unit lagi setahun kemudian. Namun sebelumnya, sudah ada 25 unit yang telah dibangun Pemkab Siak pada tahun 2005 lalu,” jelas Budhi Yuwono.

Sedangkan lanjut Budi, untuk mekanisme penganggaran pembangunan, dari APBD Kabupaten Siak melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan dana Pokmas di setiap desa.

“Pak Bupati, sengaja memilih cara yang unik lewat perpanjangan tangan pemerintahan kampung, beliau ingin peningkatan pembangunan Kamtibmas harus semua ikut berpartisipasi, mulai dari tingkatan bawah dan sampai atas," sebut Budi.****

wwwwww