PotretNews.com Jum'at 24 Maret 2017

Lahan ”Tak Bertuan” di Riau akan Diubah Jadi 100 Ribu Hektar Kebun Jagung

Lahan ”Tak Bertuan” di Riau akan Diubah Jadi 100 Ribu Hektar Kebun Jagung

Ilustrasi/Kebun jagung.

Jum'at, 17 Februari 2017 16:30 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sebagian dari lahan open access (tidak bertuan) di Provinsi Riau akan diubah menjadi 100 ribu hektar kebun jagung. Ini dilakukan untuk mendukung program Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia dalam menciptakan swasembada pangan dan meningkatkan pendapatan petani."Potensi yang ada dapat membuka peluang yang sangat besar. Kami ada rencana bersama TNI untuk memperbesar areal kebun jagung. Kata pak Menteri kalau bisa diperluas menjadi 100 ribu hektar kebun jagung," kata Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA di VIP Lancang Kuning, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Jumat (17/2/2017), dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Dalam perbincangannya dengan Mentan Andi Amran Sulaiman, Gubernur Riau yang akrab disapa Andi Rachman ini pun berinisiatif untuk secepatnya menginventarisir lahan open access yang dapat dimanfaatkan untuk memperluas areal kebun jagung.

"Open access yang sering diganggu orang itu, kita ambil untuk kebun jagung. Itu kan milik pemerintah. Akan kami koordinasikan dengan Menteri LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan)," ucapnya.

Ads
Andi pun menyakini luasnya wilayah open access yang ada di Riau dapat mencukupi kebutuhan membuat 100 ribu hektar lahan jagung. "Jumlahnya (lahan open access) lumayan," tandasnya.
Sebelumnya, Mentan Andi Amran Sulaiman meyakini integrasi 10 ribu hektar penanaman jagung di lahan perkebunan kelapa sawit dapat membantu petani di Provinsi Riau dalam mencukupi kebutuhannya.

"Ini menarik, integrasi di tengah sawit, ditanami jagung. Sehingga tetap produktif selama sawit belum keluar hasilnya," ujar Mentan Amran didampingi Gubernur Riau, Jumat (17/2/2017). ***

Editor:
Fanny R Sanusi

loading...
www www