Home > Berita > Umum

Groundsill Jembatan Kelok 9 Sumbar akan Dibangun seperti Kolam, Tersedia Taman Bermain Anak dan Warung Tradisional

<i>Groundsill</i> Jembatan Kelok 9 Sumbar akan Dibangun seperti Kolam, Tersedia Taman Bermain Anak dan Warung Tradisional

Jembatan Kelok 9 di Kabupaten Limapuluhkota Provinsi Sumatera Barat. (foto: internet)

Rabu, 15 Februari 2017 11:45 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Jembatan Kelok Sembilan (9) yang berlokasi di Kabupaten Limapuluhkota, Sumatera Barat telah dirasakan manfaatnya memperlancar transportasi manusia dan logistik dari Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menuju Riau dan sebaliknya. Memiliki konstruksi yang kokoh, monumental dan dilengkapi lansekap yang menarik karena berada diantara dua bukit dan cagar alam, jembatan Kelok Sembilan saat ini menjadi satu destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/15022017/potretnewscom_qbx68_767.jpg
Plang Kelok 9 Kabupaten Limapuluhkota Sumatera Barat.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto mengatakan saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun groundsill atau bangunan yang dibangun melintang sebagai ambang dasar, yang merupakan bangunan pengendali sedimen di Sungai Batang Sanipan.

Groundsill ini memiliki fungsi utama memperkuat struktur jembatan, yaitu dengan mengendalikan kecepatan air agar pilar yang menyangga jembatan Kelok Sembilan tidak tergerus. Berada di bagian tengah jembatan Kelok Sembilan, groundsill memiliki bentuk seperti kolam.

Di pinggirannya disediakan tempat untuk masyarakat yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan mengambil foto keindahan jembatan. Di samping itu juga tersedia taman bermain anak-anak dan beberapa warung tradisional.

"Jadi memang sengaja kita bikin agar menarik bagi masyarakat. Kemudian juga bisa sekaligus sebagai rest area. Pembangunan satu unit groundsill memakan waktu 240 hari, yang dibangun awal tahun 2016, area sudah bisa digunakan sejak September 2016," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (14/2/2017), dilansir potretnews.com dari bisnis.com.

Saat ini telah terbangun dua unit groundsill, yang dibangun pada tahun anggaran 2015 dan 2016. Pada tahun anggaran 2017 akan dilakukan penambahan satu unit groundsill lagi dengan anggaran Rp3,82 miliar. Selain sebagai pengendali banjir dan sedimen, melalui pembangunan groundsill diharapkan tersedianya sarana dan prasarana guna mendukung kawasan kelok sembilan sebagai daerah tujuan wisata.

Dengan potensi pengembangan kawasan tersebut ke depannya juga telah direncanakan penataan kawasan dengan membangun mini galeri peduli sungai untuk menjaga kawasan, akses sirkulasi penghubung yang dibuat diantara groundsill sungai, melakukan penataan pedagang kaki lima yang tidak terkontrol, dan menyediakan kantong parkir agar tidak mengganggu akses jalan utama.

Jembatan Kelok Sembilan yang memiliki total panjang jembatan dan jalan 2.537 meter yang terdiri dari enam jembatan sepanjang 959 meter dan jalan penghubung sepanjang 1.537 meter. Lebar keenam jembatan dan jalan adalah 13,5 meter.

"Jembatan ini merupakan bagian dari sirip Jalan Trans Sumatera yang menghubungkan lintas barat, lintas tengah dan lintas timur terutama jalur Padang-Bukittinggi-Payakumbuh-Pekanbaru dalam wilayah yang dilintasi poros pengembangan pariwisata, pertambangan dan perkebunan," kata Arie. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Umum
wwwwww