Di HPN 2017 Ambon, Ketua Dewan Pers Jelaskan soal Verifikasi Media

Di HPN 2017 Ambon, Ketua Dewan Pers Jelaskan soal Verifikasi Media

Puncak acara Hari Pers Nasional di Ambon. Presiden Jokowi berada di podium

Kamis, 09 Februari 2017 09:36 WIB
AMBON, POTRETNEWS.com - Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prastyo berbicara tentang verifikasi media yang telah dilakukan beberapa waktu lalu ini. Menurutnya, dalam verifikasi awal kepada sejumlah media, total ada 77 media yang berhasil diverifikasi dewan pers. "Sudah ada 77 pers yang berhasil diverifikasi oleh dewan pers," kata Yosep dalam puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di lapangan Tantui Ambon, Maluku, Kamis (9/2/2016), dilansir potretnews.com dari detik.com.

Verifikasi ini dilaksanakan sebagai bagian dari proses pendataan perusahaan pers sesuai dengan UU no 40 tahun 1999 tentang Pers. Hal ini pun dilakukan merujuk kepada empat peraturan dewan pers.

"Kode etik jurnalistik, standar perusahaan pers, standar kompetensi wartawan dan standar perlindungan wartawan," ujar Yosep yang akrab disapa Stanley.

Upaya ini pun dilakukan dalam rangka pers turut serta melawan hoax. Sebab saat ini hoax menjadi salah satu masalah yang mengganggu bagi publik. "Masyarakat pers tidak akan membiarkan ini terus terjadi. Karena yang paling dirugikan adalah hak publik atas informasi yang benar," ujar Yosep.

Dalam kegiatan ini pun, HPN 2017 memberikan apresiasi kepada media dan insan pers. Selain itu, dalam acara ini ada pula penyerahan bantuan dari Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Lingkungan Hidup.

Presiden Joko Widodo menghadiri langsung kegiatan ini. Turut hadir pula Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, Panglima TNI, Kapolri, sejumlah menteri kabinet kerja dan duta besar perwakilan negara sahabat. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa, Umum
wwwwww