PotretNews.com Selasa 21 Agustus 2018
Home > Berita > Dumai

Bayi Usia 3 Tahun di Dumai Meninggal karena HIV/AIDS

Bayi Usia 3 Tahun di Dumai Meninggal karena HIV/AIDS

Ilustrasi.

Rabu, 18 Januari 2017 12:47 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Penyebaran human immunodeficiency virus dan acquired immunodeficiency syndrome (HIV/AIDS) di Kota Dumai, Riau, semakin tak terbendung lagi. Buktinya, seorang balita (bawah lima tahun) meninggal dunia, Hari Sabtu (14/1/2017) lalu.Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Dumai Rudi Samson menyampaikan hal itu di sela-sela sosialisasi HIV/AIDS di Hotel Super Star Jalan Sultan Hasanuddin (d/h Jalan Ombak).

"Penyebab balita perempuan berusia 3 tahun meninggal dunia karena penyakit diare dan tuberkulosis. Memang sebelumnya sudah terinfeksi AIDS dari sang ibu," ungkapnya, Selasa (17/1/2017), dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Balita ini meninggal dunia dengan berat 5 kilogram, dikatakannya. Ibunya sendiri sudah terinfeksi HIV dan pihaknya tidak mengetahui dari mana penyebaran virus mematikan tersebut.

Ads
"Bapak dari sang anak meninggal dunia pada Februari 2015 lalu. Kita pun belum sempat mendeteksi apakah HIV/AIDS yang tertular dari ibu ke anak, sumbernya orang tuanya sendiri, karena sudah lebih dulu meninggal dunia," bebernya.

Data KPA Dumai bersumber dari Dinas Kesehatan Dumai. Sejak 2006 sampai 2016 sudah 341 orang terjangkit HIV dan 206 orang terjangkit AIDS.

"Untuk yang hidup saat ini, orang yang terinfeksi HIV sebanyak 188 orang dan AIDS sebanyak 91 orang. Untuk itu pemeriksaan VCT sangat dianjurkan bagi siapa saja di puskesmas yang ada di Dumai," ujarnya. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Dumai, Umum
Tour de Siak 2018
wwwwww