PotretNews.com Selasa 21 Agustus 2018
Home > Berita > Umum

Lewat Kampung Patin, Kampung Lele dan Kampung Jelawat, Kini Provinsi Riau Semakin Terkenal di Kancah Nasional

Lewat Kampung Patin, Kampung Lele dan Kampung Jelawat, Kini Provinsi Riau Semakin Terkenal di Kancah Nasional

Ilustrasi/Keramba di PLTA Kotopanjang. (foto: riauimages.com/)

Selasa, 17 Januari 2017 16:47 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Provinsi Riau memiliki potensi perikanan dan kelautan yang sangat besar. Ini didukung dengan adanya luas perairan di Riau yang kurang lebih seperempat dari luas wilayah Bumi Lancang Kuning.Bahkan, sekarang Riau berhasil dikenal di kancah nasional berkat keberadaan sektor perikanan yang dibudidaya di Kampung Patin, Kampung Lele dan Kampung Jelawatnya.

Betapa tidak, wilayah Riau terhampar seluas 107.932,71 Km2. Yang terdiri atas perairan seluas 21.467,82 Km2 dan kawasan daratan seluas 86.464,89 Km2.

Misalnya, sektor kelautan didapat dalam perikanan tangkap di Laut Cina Selatan. Ditambah dengan perikanan budidaya, seperti budidaya laut, budidaya air payau (tambak), budidaya air tawar (kolam), dan keramba.

Ads
Dikutip potretnews.com dari GoRau.com, khusus untuk keramba yang ada di Riau sendiri dilakukan dengan memanfaatkan empat sungai besar yakni Sungai Siak, Sungai Kampar, Sungai Rokan dan Sungai Indragiri.

Di samping itu perikanan budidaya yang ada di Riau pada akhir-akhir ini telah berhasil mengangkat marwah Riau di tingkat nasional, sebagai kampung yang berhasil mengembangkan perikanan budidaya.

Di antaranya, ada kampung yang berjuluk Kotomesjid si Kampung Patin yaitu desa resettlement atau penempatan di pinggiran waduk PLTA Kotopanjang, Desa Hang Tuah si Kampung Lele yang merupakan desa yang dapat mengintegrasikan kegiatan perkebunan sawit dengan perikanan di Sungai Pagar, dan Desa Ranah si Kampung Jelawat sebagai desa yang mampu mengembangkan ikan jelawat secara mandiri.

Bahkan tak jarang, beberapa kampung itu dijadikan sebagai Kampung kunjungan perbandingan dan percontohan pengembangan perikanan bagi Dinas Perikanan dan Kelautan yang ada di Sumatera, Kalimantan dan Pulau Jawa, bahkan sebagai model bagi pengembangan perikanan bagi para petugas Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) binaan Bank Indonesia. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Umum, Kampar, Riau
Tour de Siak 2018
wwwwww