PotretNews.com Senin 19 November 2018
Home > Berita > Riau

Seleksi Calon Komisioner Tak Tuntas Bulan Ini, Masa Jabatan Anggota KPID dan KI Riau Diperpanjang

Seleksi Calon Komisioner Tak Tuntas Bulan Ini, Masa Jabatan Anggota KPID dan KI Riau Diperpanjang

Ilustrasi.

Rabu, 28 Desember 2016 05:32 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Masa tugas Komisi Informasi (KI) yang berakhir 28 Desember 2016 dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau pada 30 Desember 2016, akan diperpanjang. Alasan perpanjangan karena sampai saat ini hasil seleksi calon komisioner baru belum selesai terlaksana.Menjawab wartawan, Ketua DPRD Riau Dra Hj Septina Primawati, MM Septina (27/12/2016) mengatakan, perpanjangan ini dilakukan hingga terpilih dan dilantiknya anggota baru.

"Jadi tadi saya sudah melakukan rapat sama pimpinan Komisi A, untuk proses fit and proper test Calon Angota KI dan KPID yang baru, mereka meminta dilakukan pada tanggal 9 Januari. Pertimbangannya, karena waktu yang tidak terkejar, terlebih banyak kesibukan di antara Anggota Komisi A," kata Septina.

Persetujuan perpanjangan, lanjutnya, juga setelah ada surat dari KI Pusat dan usulan dari KPID Riau untuk mengantisipasi kekosongan masa tugas yang berakhir.

Ads
"Bagi saya selagi tidak menyalahi aturan, silakan diperpanjang. Kami tentu juga sangat berharap dengan waktu yang cukup, dewan akan memilih dan menghasilkan pemilihan yang terbaik sesuai ketentuan," imbuh politisi Golkar itu.

Terkait lambannya surat disposisi yang dari dikeluarkan, Septina Primawati mengaku bukan karena faktor kesengajaan, melain kesibukan wakil rakyat pada sejumlah kegiatan penting menjelang berakhir tahun, terutama pembahasan APBD Riau 2017.

"Surat dari Komisi A masuk ke sini tanggal 5 Desember lalu saat rapat paripurna pengesahan APBD. Pada hari berikut masuk masa reses, jadi persis baru hari kemarin sampai ke saya," ucapnya.

Selain itu, menurut istri mantan Gubernur Riau HM Rusli Zainal tersebut, ada pihak yang menyampaikan keberatan atas proses seleksi oleh Tim Pansel. Sebagai pimpinan, Septina mengaku perlu menelaah dan mendengarkan langsung dari Komisi A.

"Tugas kami adalah mengantarkan calon-calon dibentuk, lantas tahap terakhir fit and proper test ada di Komisi A. Saya harapkan tentu adalah hasil terbaik. Saya tidak ingin mengintervensi terkait pemilihan calon komisioner dua lembaga daerah yakni KI dan KPID tersebut," ujarnya. ***

Editor:
Farid Mansyur

wwwwww