PotretNews.com Selasa 25 September 2018

Derita Warga Rokan Hulu hingga Pasukan Selam Siaga Banjir

Derita Warga Rokan Hulu hingga Pasukan Selam Siaga Banjir

Banjir melanda beberapa desa di Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. (foto: liputan6.com)

Selasa, 29 November 2016 18:50 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Hujan deras beberapa hari terakhir mengguyur Kabupaten Rokan Hulu, Riau, membuat beberapa desa di Kecamatan Rambah Hilir terendam banjir. Jalan lintas provinsi juga sempat terputus akibat genangan air yang menghambat kendaraan lewat.Menurut Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo, setelah menerima laporan dari Kapolres Rokan Hulu AKBP Yusup Rahmanto, banjir mencapai ketinggian 80 centimeter. Warga yang terdampak banjir sudah mengevakuasi barang untuk diselamatkan.

"Petugas gabungan dari kepolisian dan aparatur pemerintah setempat membantu warga mengangkut barang," ucap mantan Kapolres Pelalawan ini, Senin (28/11/2016), seperti dikutip potretnews.com dari liputan6.com.

Guntur menerangkan, banjir mulai terjadi sejak Minggu, 27 November 2016. Luapan sungai akibat tak mampu menahan debit air karena hujan merendam rumah dan fasilitas umum lainnya.

Ads
"Untuk jalan lintas, ada dua yang sempat terputus akibat tingginya genangan air yang berkisar antara 60 sampai 80 centimeter. Akibatnya kendaraan mengular hingga tiga kilometer," Guntur menerangkan.

Dia menjelaskan, banjir di Desa Rambah Kumu, Kecamatan Rambah Hilir menyebabkan 344 jiwa mengevakuasi barangnya ke tempat yang lebih tinggi. Sebagian ada yang mengungsi dan sebagian lagi masih tetap bertahan menjaga rumah.

"Meski demikian, tidak ada korban jiwa. Hanya saja banjir ini juga menyebabkan terganggunya distribusi hasil perkebunan. Untuk kerugian material masih dalam perhitungan," sebut Guntur.

Saat ini, pemerintah daerah dibantu kepolisian sudah menurunkan perahu mesin untuk membantu warga. Juga disediakan kebutuhan dasar seperti makan dan minum serta mendistribusikan nasi bungkus.

"Dan saat ini tengah direncanakan pembukaan dapur umum. Pasalnya, hujan masih diprakirakan terus terjadi. Ditambah lagi ada peringatan dari BMKG tentang hujan deras, disertai petir dan tiupan angin kencang," ujar Guntur. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Peristiwa, Umum, Rohul
Tour de Siak 2018
wwwwww