PotretNews.com Selasa 22 Mei 2018
Home > Berita > Umum

404 ABK di Pelabuhan Dumai Dites HIV/AIDS, Ini Hasilnya

404 ABK di Pelabuhan Dumai Dites HIV/AIDS, Ini Hasilnya

Ilustrasi.

Selasa, 29 November 2016 11:25 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Dari 404 orang anak buah kapal (ABK) yang melakukan tes HIV/AIDS oleh kelompok kerja pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Pelabuhan Dumai, Riau. Terdapat seorang ABK yang terindikasi virus menular tersebut dan dirujuk untuk mendapatkan penanganan medis.Koordinator Pokja P2HA Dumai Heri Purba mengatakan, Selasa (29/11/2016), ABK yang terindikasi virus menular itu dirujuk ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai dan mendapatkan pendampingan dari pokja bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Dumai.

"Pokja sudah bekerja sejak awal 2016 hingga November dengan pencapaian penjangkauan atau penyuluhan kepada sebanyak 2.707 jiwa atau 32,58 persen dari target minimal 50 persen hingga 15 Desember 2016 ini," ujarnya seperti dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Dari 2.707 jiwa yang dijangkau di wilayah pelabuhan dan sudah diberi edukasi dan pemahaman soal pemeriksaan dini HIV AIDS ini, hanya 404 yang melakukan tes di klinik, puskesmas dan KKP Dumai. Pencapaian orang ikut tes belum mencapai target, yaitu 758 jiwa.

Ads
"Kita menilai kesadaran masih kurang karena bisa saja ada rasa ketakutan atau malas, tapi kita terus mendorong agar pemeriksaan HIV AIDS ini meningkat," jelasnya.

Sasaran tes HIV AIDS ini adalah orang berada di wilayah kepelabuhanan, termasuk perusahaan yang beraktivitas di sepanjang pantai Dumai. Pokja P2HA berencana melakukan kegiatan penyuluhan dan tes massal pada Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2016 mendatang di kawasan Pelindo setempat. ***

Editor:
Hanafi Adrian

loading...
Kategori : Umum, Inhil
Pesona Siak
wwwwww