Home > Berita > Riau

Riau dan Sumbar akan Terus Alami Peningkatan Curah Hujan, Hati-hati Lewati Kawasan Rawan Longsor

Riau dan Sumbar akan Terus Alami Peningkatan Curah Hujan, Hati-hati Lewati Kawasan Rawan Longsor

Ilustrasi/Kelok 9 salah satu jalur yang diminati warga Riau jika bepergian ke Provinsi Sumatera Barat.

Selasa, 15 November 2016 22:56 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kepala Sub Bidang Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Harry Tirto Djatmiko, mengatakan potensi semakin meningkatnya curah hujan akan terus terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Sebagian wilayah Indonesia mulai memasuki puncak musim hujan dalam beberapa pekan mendatang. "Potensi hujan masih terus meningkat dalam sepekan mendatang. Meningkatnya curah hujan khususnya terjadi di Sumatra Barat, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Pesisir Selatan Jawa, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta," kata Harry sebagaimana dikutip potretnews.com dari republika.co.id, Selasa (15/11/2016).

BACA JUGA:

. Longsor Landa Jalur Riau-Sumbar, Warga Diimbau Waspada Hujan dan Angin Kencang

Selain itu, curah hujan tinggi juga diprediksi terjadi di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Papua dan Papua Barat. Harry menjelaskan, tingginya curah hujan disebabkan suplai uap air sebagai pendukung pertumbuhan awan hujan yang relatif tinggi.

Kondisi ini pun mengindikasikan akan datangnya puncak musim penghujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa pekan mendatang. BMKG memprediksi, puncak musim hujan akan berlangsung hingga awal 2017.

"Dapat dipastikan jika intensitas curah hujan di Indonesia akan terus mengalami peningkatan. Indonesia juga berpotensi mengalami badai lokal (thunderstorm) di beberapa tempat. Badai lokal memungkinkan terjadinya hujan yang disertai petir dan angin kencang," ungkap Harry.

Karena itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah pada sore hari. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan, bantaran sungai dan dataran tinggi sebaiknya waspada terhadap hujan lebat dengan durasi singkat yang dapat menyebabkan genangan. Hujan singkat pun berpotensi memicu terjadinya bencana banjir bandang.

"Masyarakat pun diminta berhati-hati terhadap bahaya bencana alam lain seperti tanah longsor, pohon tumbang, jalan licin dan sebagainya," ujar Harry. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Riau, Peristiwa
wwwwww