PotretNews.com Sabtu 22 September 2018
Home > Berita > Rohul

Dua Sungai di Rohul Meluap Usai Hujan Deras 3 Jam, Ratusan Rumah dan Pasar Terendam

Dua Sungai di Rohul Meluap Usai Hujan Deras 3 Jam, Ratusan Rumah dan Pasar Terendam

Kota Pasirpengaraian terendam banjir akibat meluapnya 2 sungai usai hujan deras selama 3 jam. (foto: indragood)

Senin, 14 November 2016 23:12 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Senin (14/11/2016) dini hari tadi menyebabkan meluapnya dua sungai. Akibatnya, banjir pun menerjang pemukiman warga setempat. Menurut BPBD, ada 700 rumah terendam air.BACA JUGA:

. Diterjang Banjir, 2.481 Hektar Sawah di Riau Gagal Panen

. Dihantam Banjir, Tiga Jembatan di Kunto Darussalam Ambruk, 300 Keluarga di Rohul Terisolir

Ads
Akibatnya, warga di Kecamatan Kabun dan Pasarbaru, Kelurahan Ujungbatu serta Kelurahan Pasirpengaraian Kecamatan Rambah, terpaksa harus berbasah-basahan dini hari tadi, lantaran Sungai Aliantan dan Teriak tak sanggup membendung volume debit air.

Menurut kepolisian setempat, genangan air juga merendam sejumlah kios di Pasarbaru Ujungbatu. Banjir ini mulai terjadi sekitar pukul 00.15 WIB, Senin dini hari dan berlangsung lebih kurang tiga jam lamanya.

Hal itu diperburuk lantaran berdirinya bangunan di atas parit yang berfungsi mengalirkan air. Akibatnya air terhalang hingga meluap dan menggenangi rumah warga, dengan kedalaman bervariasi, mulai 30 centimeter hingga 100 meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul Aceng Hardiana mengatakan, ada sekitar 700 rumah yang digenangi air. Banjir ini juga melanda empat kecamatan, di mana sebagian sudah dilokalisir dengan dibantu aparat kepolisian resor (Polres) Rohul.

Bahkan di Rambah Hilir, kata Aceng, banjir melanda cukup besar, sehingga menyebabkan sebuah rumah hanyut diseret derasnya air. "Ini kita mau pastikan dulu ke sana," kata dia sebagaimana dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Saat ini, mobil dapur sudah digerakkan ke lokasi banjir, berikut dengan tenda dan perahu. Tim gabungan juga melakukan pendataan terhadap para korban banjir ini. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Rohul, Riau, Peristiwa
Tour de Siak 2018
wwwwww