PotretNews.com Rabu 26 September 2018
Home > Berita > Riau

Dilanda Longsor, Jalur Lintas Riau-Sumatera Barat Terapkan Buka Tutup

Dilanda Longsor, Jalur Lintas Riau-Sumatera Barat Terapkan Buka Tutup

Longsor terjadi di tiga titik ruas jalan lintas Riau - Sumatera Barat. (foto:liputan6.com)

Senin, 14 November 2016 11:25 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com -Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Kampar membuat tiga titik ruas jalan lintas Riau - Sumatera Barat mengalami longsor. Jalan sempat putus dan mengakibatkan macet panjang karena material longsor menutup seluruh badan jalan.BERITA TERKAIT:

. Jalan Lintas Riau-Sumatera Barat Longsor di Tiga Lokasi

"Hingga pukul 09.00 WIB tadi, pembersihan material longsor dari badan jalan masih berlangsung," kata Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo, Senin (14/11/2016), sebagaimana dikutip potretnews.com dari liputan6.com.

Ads
Dia menyebutkan, tiga titik longsor itu terjadi di kilometer 77 jalan lintas Riau - Sumbar, tepatnya di Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar. Di lokasi ini, material longsor berupa tanah dan kabel listrik PLN sempat menutupi seluruh badan jalan.

"Arus lalulintas dari kedua arah juga sempat terputus, namun setelah dibersihkan menggunakan alat berat dari Dinas PU serta pengamanan dari pihak kepolisian, akhirnya jalan kembali bisa dilalui dari kedua arah," kata Guntur.

Lokasi longsor kedua, tambah Guntur, terjadi di KM 80. Material longsor berupa bongkahan batu cadas yang berada di sisi jalan jatuh menutupi sebagian badan.

"Hanya saja, jalan masih bisa dilewati kendaraan dengan sistem buka tutup," sebut Guntur.

Lokasi longsor ketiga, sambung Guntur, terjadi di kilometer 82?. Material longsor berupa tanah bercampur kayu menutupi sebagian badan jalan dan saat ini telah bisa dilalui dari kedua arah.

Guntur menerangkan, longsor ini terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Kampar sejak Minggu, 13 November 2016. Longsor dilaporkan terjadi pada dini hari dan beruntung tidak memakan korban jiwa.

Menurut Guntur, tiga lokasi tersebut memang rawan longsor, apalagi saat musim penghujan. Pengendara yang melintas diminta berhati-hati dan bersabar selama petugas bekerja di lapangan.

"Pekerjaan pembersihan dan memperbaiki jalan masih dilanjutkan pada 09.30 WIB. Sebelumnya pengerjaan dari pukul 04.00 WIB sempat terhenti karena menunggu beberapa alat berat," ujar Guntur.? ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Riau, Kampar, Umum, Peristiwa
Tour de Siak 2018
wwwwww