PotretNews.com Sabtu 22 September 2018
Home > Berita > Riau

Hari Ini Ultah ke-55, Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain Dapat Kejutan dari Brigjen TNI Nurendi dan Dirayakan Ribuan Orang di Halaman Kantor Gubernur

Hari Ini Ultah ke-55, Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain Dapat Kejutan dari Brigjen TNI Nurendi dan Dirayakan Ribuan Orang di Halaman Kantor Gubernur

Terlihat Kapolda Riau Brigjen Zulkarnain memberikan arahan terkait kekuatan tiga pilar di halaman Kantor Gubernur Riau, Senin pagi. (foto: goriau.com)

Senin, 31 Oktober 2016 09:42 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Halaman Kantor Gubernur Riau, Senin (31/10/2016) pagi dipenuhi ribuan massa dari tiga pilar, di antaranya kepala desa (Kades), bhabinkamtibmas dan babinsa. Mereka mengikuti Apel Kebangsaan 3 Pilar yang dipimpin Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.Apel kebangsaan tiga pilar tersebut dalam rangka kontijensi (suatu keadaan atau situasi yang diperkirakan akan segera terjadi, red) di wilayah Riau tahun 2016. Tujuan utamanya, untuk mempersatukan tiga kekuatan (TNI, Polri dan pemerintah, red), yang berperan sebagai barisan terdepan untuk mempererat dan memperkuat hubungan dengan masyarakat.

BACA JUGA:

. Baru Menjabat, Kapolda Riau Brigjen Zulkarnain Adinegara Sudah Pecat 29 Polisi, Rata-rata karena Kasus Narkoba

Ads
. Kapolri Perintahkan Kapolda Riau Gelar Apel Khusus untuk Sampaikan Apresiasi kepada Rudi Pardede, Polisi Pekanbaru Berpangkat Bripka Peraih Gelar Doktor Hukum

"Semangat bersatu, semangat bersama, melaksanakan tugas dan menjaga negara supaya tetap damai," kata Danrem 031/ Wira Bima Brigjen TNI Nurendi yang dapat kesempatan pertama memberikan arahan, setelah amanah dari Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Kapolda Riau Brigjen Zulkarnain yang dapat kesempatan kedua setelah danrem, lebih fokus membahas soal kekompakan tiga pilar ini, khususnya jelang pilkada. "Berikan pelayanan paling prima dan terdepan," ucapnya sebagaimana dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Zulkarnain juga menyinggung soal pungli (pungutan liar) yang kini tengah diberantas Polri. "Polisi bagian dari penegakkan hukum, harus bersih. Kebersamaan tiga pilar harus satu, jangan satu untuk berbuat jahat, apalagi pungli, namun satu untuk kebaikan," tuturnya.

Terakhir, arahan dari Danlanud TNI AU Roesmin Nurjadin Marsma Henri Alfiandi. Orang nomor satu di Angkatan Udara Riau punya pandangan tak jauh beda dengan dua jenderal sebelumnya, yakni soal kekuatan tiga pilar dalam memperekat hubungan dengan masyarakat.

"Mereka (bhabinkamtibmas, babinsa dan kades, red), paling depan menjaga. Ini sakti. Kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat berada di tangan tiga pilar ini," ungkap Henri. "Pelihara terus, tingkatkan terus, jalani tugas secara tulus dan ikhlas, ini amanah," tandasnya.

Uniknya, usai apel digelar, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Nurendi spontan memanggil seluruh peserta apel untuk duduk lesehan di lapangan upacara. Ia mengambil pengeras suara dan memimpin lagu ulang tahun untuk Kapolda Riau Brigjen Zulkarnain.

Kebetulan hari ini, bertepatan dengan ulang tahun Brigjen Zulkarnain ke-55. Suasana kian akrab, ketika tiga pilar tersebut membaur tanpa dibeda-bedakan warna seragam. Ini cermin dari keakraban TNI, Polri dan pemerintah di Provinsi Riau.

Selain dihadiri para babinsa, bhabinkamtibmas dan kades, Apel Kebangsaan 3 Pilar tersebut juga dihadiri seluruh kepala satuan wilayah (kasatwil), forkopimda kabupaten/kota, serta kajati, Kakanwil Kemenkumham, Kepala BNN Riau dan lainnya.

Biodata Singkat Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain
Berdasarkan penelusuran potretnews.com di laman wikipedia.org, Brigjen. Pol. Drs. Zulkarnain (lahir di Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, 31 Oktober 1961; umur 55 tahun) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 23 September 2016 mengemban amanat sebagai Kapolda Riau.

Zulkarnain berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhirnya adalah Kapolda Maluku Utara.

Riwayat Jabatan
Anggota Pasukan Perdamaian PBB di Mozambik (1995-1996)
Kapolres Ternate (2002)
Kapoltabes Banda Aceh (2006)
Kabid Telematika Polda Metro Jaya (2008)
Kabid Humas Polda Metro Jaya (2008)
Kabid Mitra Divhumas Polri (2009)
Dir Kerjasama dan Humas PPATK (2013)
Analis Kebijakan Utama bidang Sosbud Sahli Kapolri (2014)
Karowassidik Bareskrim Polri (2014)
Kapolda Maluku Utara (2015)
Kapolda Riau (2016) (***)

Editor:
Fanny R Sanusi

Tour de Siak 2018
wwwwww