Angin Kencang Terbangkan Kubah Mesjid Desa Anaksetatah Kabupaten Kepulauan Meranti

Angin Kencang Terbangkan Kubah Mesjid Desa Anaksetatah Kabupaten Kepulauan Meranti

Kubah mesjid yang sudah berada di tanah.

Sabtu, 17 September 2016 13:53 WIB
SELATPANJANG, POTRETNEWS.com - Angin kencang melanda Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Kamis (15/9/2016) tengah malam sekira pukul 00.30 WIB. Akibatnya, satu kubah mesjid di Desa Anaksetatah terlepas dari posisinya dah jatuh ke tanah. Hal itu disampaikan salah seorang masyarakat di Desa Anak Setatah, Kadarsiono, ketika dikonfirmasi, Sabtu (17/9/2016). Kata Kadarsiono, kubah itu merupakan kubah Mesjid Al-Mujahidin Desa Anaksetatah. Kubah yang telah lama terpasang itu tiba-tiba terlepas dan terpelanting ke tanah.

"Kita aja kaget melihat kubah itu jatuh ke tanah. Anginnya memang kuat, jarang terjadi seperti ini," kata Kadarsiono melalui sambungan telepon.

Kata Kadarsiono, selain membuat kubah Mesjid Al-Mujahidin terlepas, angin juga menumbangkan beberapa parabola. Kata Kadarsiono juga, salah satu parabola yang rusak adalah miliknya sendiri. "Parabola tumbang, dan berpindah posisi," ujar Kadarsiono.

Kemudian, dikatakannya juga, saat angin bertiup kencang, Kadarsiono sempat melihat keluar. Ia mengaku ngeri melihat pohon-pohon yang meliuk-liuk akibat terjangan angin kencang itu.

Di samping itu, Kadarsiono yang merupakan penggiat lingkungan (penanam pohon mangroove, red) bersyukur saat angin kencang bertiup, air laut tidak dalam keadaan pasang. Sebab, kalau air laut pasang, dikhawatirkan pohon mangrove (api-api, red) akan rusak.

"Kalau air pasang sudah tentu ombak menjadi besar. Pasti rusak mangrove yang kita tanam," tuturnya. Untuk kubah yang terlepas, kata Kadarsiono, belum dipasangkan ke tempat semula oleh warga setempat. Sebab, pihak desa akan berkoordinasi dulu dengan orang yang kemarin memasangkannya. Mengingat, kubah itu sangat besar dan dalam keadaan rusak.

"Pak kades mengaku akan berkoordinasi dulu sama yang kemarin memasang, bagaimana bisa tumbang. Kubah itu sekarang rusak, apakah masih ada jaminan sama yang memasang kubah tersebut," kata Kadarsiono sambil mengatakan yang masang kubah tersebut adalah warga Selatpanjang.

Sementara itu, Kades Anaksetatah Zul belum berhasil dikonfirmasi. Meski sudah dua kali tersambung di nomor handphonenya 0812757275**, belum juga dijawab. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
GoRiau.com

Kategori : Meranti, Peristiwa
wwwwww