PotretNews.com Rabu 17 Oktober 2018

Alamak… Meski Pacu Jalur Sudah Mendunia, tapi Kata Sekretaris Pelaksana, Pemprov Riau Hanya Bantu 2 Baliho dan 30 Umbul-umbul

Alamak… Meski Pacu Jalur Sudah Mendunia, tapi Kata Sekretaris Pelaksana, Pemprov Riau Hanya Bantu 2 Baliho dan 30 Umbul-umbul

Festival Pacu Jalur di Telukkuantan tahun ini kurang greget.

Sabtu, 27 Agustus 2016 12:26 WIB
TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com - Meski iven Pacu Jalur merupakan agenda nasional dan sudah diakui sebagai salah satu ikon wisata Riau, namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kurang memperhatikan.Hal ini terlihat dari pengakuan Panitia Pelaksana Festival Pacu Jalur tahun 2016 yang menyatakan pemprov hanya membantu dua baliho dan 30 umbul-umbul untuk pelaksanaan Pacu Jalur.

"Bantuan berupa uang tak ada. Hanya dua baliho berisi seruan sukseskan pacu jalur dan 30 unit umbul-umbul," ujar Sekretaris Pelaksana, Marwan yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kuansing seperti dilansir GoRiau.com, Kamis (25/8/2016) siang.

Bantuan baliho dan umbul-umbul tersebut, menurut dia, sudah diserahkan jauh-jauh hari kepada panitia.

Ads
Mengetahui tidak adanya bantuan Pemprov Riau ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuansing mempertanyakan komitmen dari Gubernur Riau untuk memajukan pacu jalur.

"Kalau begini, kita menilai Gubernur Riau tidak serius dalam‎ mengembangkan Pacu Jalur. Di mana-mana bilang 'Riau menyapa dunia', itu 'nonsense'. Omong kosong saja," ujar Ketua Komisi A Musliadi SAg, yang membidangi pariwisata.

Dikatakannya, Kuansing tidak hanya butuh promosi di Jakarta atau di mana-mana. Sebab, yang dibutuhkan Kuansing adalah pendanaan, baik untuk pelaksanaan Pacu Jalur atau sarana dan prasarana Pacu Jalur.

"Saya melihat, promosi yang mereka lakukan tidak berhasil. Buktinya, Tepian Narosa agak lengang bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya," sebut Musliadi.

Ketika ditanya mengenai penganggaran di Pemkab Kuansing yang hanya mengalokasikan Rp366 juta, Musliadi menjawab DPRD hanya merestui sebesar yang diajukan oleh Dinas Pariwisata.

"Saat hearing dulu, saya sempat bertanya dengan Dinas Pariwisata. Kenapa sedikit betul anggaran yang diajukan. Dia jawab, pacu jalur tahun 2016 akan dibantu oleh Pemprov Riau. Lantas, mana hasilnya," tutur Musliadi.

Menanggapi penilaian itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi akan menjadikannya sebagai bahan evaluasi Pemprov Riau ke depannya.

"Ini akan menjadi bahan evaluasi kita nantinya," jawab Ahmad Hijazi di Lapangan Limuno Telukkuantan.

"Akan kita pikirkan," jawab singkat Ahmad ketika ditanya mengenai kontribusi Pemprov Riau dalam pelaksanaan pacu jalur tahun 2017 mendatang.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman menyatakan Pemprov Riau telah mempromosikan pacu jalur bersama kebudayaan lainnya di Riau di Jakarta dengan tema ”Riau menyapa dunia”. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
GoRiau.com

wwwwww