Home > Berita > Umum

Festival Menongkah Kerang dan Mandi Lumpur di Inhil Masuk Rekor Muri, Ini Ekspresi Sang Bupati

Selasa, 09 Agustus 2016 00:28 WIB
Advertorial
festival-menongkah-kerang-dan-mandi-lumpur-di-inhil-masuk-rekor-muri-ini-ekspresi-sang-bupatiBupati Inhil HM Wardan menerima piagam penghargaan Muri di Festival Menongkah Kerang di Desa Tanjungpasir, Kecamatan Tanahmerah, Inhil, Minggu (7/8/2016).
TANAHMERAH, POTRETNEWS.com – Festival Lomba Menongkah kerang di Desa TanjungpPasir, Kecamatan Tanahmerah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau atau tepatnya di Pantai Bidari, kembali berhasil mencatatkan rekor Musem Rekor Dunia Indonesia (Muri) atas rekor mandi lumpur di atas papan tongkah dengan peserta terbanyak yaitu sekira 200 orang, Minggu (7/8/2016). Sebelumnya Festival Menongkah juga mendapatkan rekor Muri atas rekor peserta menongkah terbanyak. Tidak hanya itu saja, iven menongkah kerang yang merupakan budaya asli Suku Duano (laut) ini juga berhasil menembus lebih kurang 3000 ribu penonton.

Bupati Inhil HM Wardan yang secara langsung membuka Festival Menongkah, sangat mendukung penuh dilaksanakannya kegiatan ini. Menurutnya, wisata ini merupakan kekayaan alam yang dimiliki oleh Masyarakat Indragiri Hilir yang sudah mendapatkan rekor.

"Festival lomba menongkah dan mandi lumpur ini sangat bagus untuk dilaksanakan sebagai agenda wisata tahunan. Selain itu, Pantai Bidari ini kondisinya juga sangat mirip dengan Pantai Solop, yang pasirnya berupa warna putih sepihak fosil-fosil binatang laut (pasir sersah)," ungkap bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapudbar) Inhil, Juanidi Ismail menilai bahwa pantai Bidari dan menongkah kerang harus dilestarikan, karena merupakan kekayaan alam Inhil dan dunia.

"Kita akan terus melestarikan dan mempromosikan uniknya tradisi Suku Duano ini kepada dunia,” ucapnya.

Lebih lanjut Junaidi menjelaskan, pantai ini memiliki panjang 20 KM sedangkan pasir putih kerang hanya 2 KM. Untuk ke depan, Junaidi mengatakan, pada iven selanjutnya pihaknya akan mengupayakan kerja sama dengan provinsi dan Kementerian Pariwisata.

Selain dihadiri Bupati Inhil HM Wardan dan Kadispora Inhil Junaidi Ismail, juga tampak hadir 2 orang Tim Muri, Ketua TP PKK Inhil Hj Zulaikha Wardan, serta unsur Forkopimda Inhil.(adv/pemkab/suf)

wwwwww