PotretNews.com Kamis 18 Oktober 2018

Hari Pertama Kerja, 244 PNS Pemprov Riau Malas Ikut Apel Perdana

Hari Pertama Kerja, 244 PNS Pemprov Riau Malas Ikut Apel Perdana

Surat larangan PNS cuti usai Lebaran. (foto: kementerian pan & rb)

Senin, 11 Juli 2016 18:17 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Setelah libur bersama Hari Raya Idul Fitri, diketahui banyak PNS di lingkup Pemprov Riau yang tak masuk apel. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Riau akan menindak tegas PNS yang benar-benar alpa (lalai).Demikian disampaikan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau, Asrizal, Senin (11/7/2016) di Pekanbaru. Menurut Asrizal, tadi pagi saat apel pertama setelah cuti lebaran, diketahui ada 244 PNS yang tidak ikut apel.

"Sore ini kita baru mengumpulkan seluruh data para PNS di 43 SKPD yang ada. Kita juga baru selesai rapat dengan Gubernur terkait soal absensi para PNS ini," kata Asrizal.

Asrizal menjelaskan, seluruh jumlah PNS di lingkup Pemprov Riau sebanyak 8.009 orang. Dari jumlah itu, saat apel pagi, ada 3,05 persen atau setara 244 PNS yang tak ikut apel.

Ads
"Gubernur sudah perintahkan untuk mengklarifikasi ke masing-masing kepala SKPD terkait banyaknya PNS yang tak ikut apel," kata Asrizal.

Klarifikasi lanjutan, kata Asrizal, untuk mengetahui secara pasti, apakah para PNS hanya terlambat tak ikut apel atau memang benar-benar alpa.

"Bisa jadi ada yang terlambat apel, namun siangnya masuk. Atau bisa jadi memang benar-benar alpa. Karena itu kepala SKPD masih kita minta laporan lanjutannya untuk besok," kata Asrizal.

Jika PNS benar-benar tak masuk kerja, lanjut Asrizal, pihaknya akan mengenakan sanksi tegas sesuai PP No 53 tentang kepegawaian.

"Kalau nantinya hasil verifikasi ada PNS yang alpa, maka ancamannya adalah, penundaan kenaikan pangkat atau penundaan gaji berkala," kata Asrizal.

Untuk PNS yang terlambat masuk, kata Asrizal, juga akan dikenakan sanksi yang tentunya lebih ringan dari PNS yang tak masuk kerja.

"Sanksi ini pasti kita langsung berlakukan kepada PNS yang tak masuk kerja atau terlambat. Karena sejak awal, kita sudah memberikan surat edaran agar seluruh PNS pascacuti bersama, hari ini masuk kerja," ujar Asrizal. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
GoRiau.com

wwwwww