Home > Berita > Dumai

Manajemen PT Pelindo I Jangan Latah Bilang Tumpahan CPO Tidak Merusak Ekosistem dan Biota Laut Dumai

Manajemen PT Pelindo I Jangan Latah Bilang Tumpahan CPO Tidak Merusak Ekosistem dan Biota Laut Dumai

Anggota DPRD Kota Dumai dari Fraksi Gerindra, H Johannes MP Tetelepta SH MH.

Jum'at, 10 Juni 2016 14:38 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Permasalahan tumpahan crude palm oil (CPO) yang terjadi di Dermaga B PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, pada tanggal 2 Juni 2016 lalu, dari sebuah ponton Anggoda menuju ke pabrik PT Kreasi Jaya Adhikarya (PT KJA), terus bergulir. Diketahui ada dua perusahaan besar di balik PT KJA, yaitu PT Astra Agro Lestari (AAL) dan PT Kuala Lumpur Kepong (KLK). Dalam hal ini Anggota Komisi III DPRD Kota Dumai Provinsi Riau, H Johannes MP Tetelepta SH MH, Jumat (10/6/2016) siang mengatakan, bahwa dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2011 dan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Peran dan Fungsi KSOP, serta Pelindo.

"Kita akan telaah siapa pemegang Amdal kawasan. UKP-UPL perusahaan sudah jelas mereka langgar, dan seharusnya mereka buatkan standar operasional prosedur (SOP) sebagai tindak lanjut UKL-UPL. Ini seakan masa bodoh. Jadi apakah UKL-UPL, itu sudah tidak ada manfaatnya bagi mereka," tegas Johannes.

Komisi III, lanjutnya, juga merekomendasikan agar dilakukan audit lingkungan di Kawasan PT Pelindo I, secara menyeluruh. Komisi III juga meminta beberapa hal untuk PT Pelindo I jawab secara tertulis.

"Kita juga minta mereka (PT Pelindo I, red) jangan latah, bilang bahwa CPO itu tidak akan merusak ekosistem dan biota laut. Jangan dilihat hasil laboratoriumnya, atas tumpahan ini. Tapi kita khawatir, karena adanya CPO yang lepas dan tidak terangkut, karena akan mengalami oksidasi dan tenggelam, serta mengalami perubahan masa atau berat jenis. Itu sudah pasti merusak," bebernya.

Disambungnya, jangan karena ketidaktahuan menyatakan CPO yang tumpah aman, karena mengandung unsur nabati. Komisi III, akan menggiring ini menjadi masalah nasional. Komisi III harus punya sikap agar ke depan investasi tumbuh dan berkembang serta menyehatkan bagi masyarakat Kota Dumai.

"Harapan terbesar kita adalah saat mereka bisa dan mampu mencintai Dumai ini, layaknya mereka mencintai kampungnya sendiri," ujar Johannes, Anggota DPRD Kota Dumai dari Fraksi Gerindra. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
GoRiau.com

Kategori : Dumai, Lingkungan
wwwwww