Petugas Lengah, Napi Narkoba Lapas Pekanbaru Kabur saat Jalani Perawatan di RSUD Arifin Achmad

Petugas Lengah, Napi Narkoba Lapas Pekanbaru Kabur saat Jalani Perawatan di RSUD Arifin Achmad

Ilustrasi.

Rabu, 08 Juni 2016 22:18 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Seorang narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pekanbaru, bernama Buskarnain (40), melarikan diri saat menjalani perawatan penyakit di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Provinsi Riau. "Dia melarikan diri saat petugas lengah. Sekarang kami masih terus mengejar pelaku," kata Kepala Lapas Klas IIA Pekanbaru, Frans Elias Nico, Rabu (8/6/2016).

Frans mengatakan, napi dengan kasus narkoba yang divonis lima tahun penjara itu melarikan diri pada Senin 6 Juni 2016. Ia saat itu tengah menjalani perawatan di rumah sakit akibat penyakit kelenjar getah bening. Buskarnain saat itu sedang dirawat ditemani istri dan anaknya.

Menurut Frans, perawatan yang dijalani Buskarnain ini merupakan yang kedua kalinya atas penyakit yang sama yang dideritanya. Sebelum dibawa ke RSUD, Frans menambahkan, Buskarnain sempat dirawat di dalam lapas sebelum dirujuk ke RSUD.

Pada saat dirujuk ke RSUD, napi tersebut dikawal sejumlah petugas dan ditemani istri serta anaknya. Namun, diduga akibat kelengahan petugas, Buskarnain melarikan diri sementara istri dan anaknya ditinggal begitu saja.

Frans mengatakan, pihaknya telah memeriksa istri yang bersangkutan, namun tetap belum membuahkan hasil. Sementara, pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian guna mengejar dan menangkap pelaku. "Dia baru saja menjalani hukuman satu tahun, sisa empat tahun penjara," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Buskarnain merupakan napi yang sebelumnya telah pernah mencoba kabur saat masih menjadi napi polisi pada September 2015 lalu. Saat itu, ditahan di Rutan Sialang Bungkuk mencoba kabur dengan cara memotong besi sel napi dengan gergaji.

Namun, aksi pelaku gagal karena dipergoki petugas yang saat itu sedang berjaga. Atas perbuatannya itu, dia akhirnya dipindah ke sel isolasi, sebelum kabur saat sedang dirawat di rumah sakit. ***

Editor:
Farid Mansyur

Sumber:
Okezone.com

wwwwww