Home > Berita > Riau

Selain Belasan Daerah di Sumatera, Gempa 6,5 SR Sumbar Juga Terasa hingga Singapura dan Malaysia, Berikut Daftarnya

Selain Belasan Daerah di Sumatera, Gempa 6,5 SR Sumbar Juga Terasa hingga Singapura dan Malaysia, Berikut Daftarnya

Merlion salah satu ikon Singapura. (foto: istimewa)

Kamis, 02 Juni 2016 09:31 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) baru saja terjadi di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis, 2 Juni 2016, pada jam 05.56 WIB. Situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, menyebutkan pusat gempa terletak di laut 79 kilometer barat daya Pesisir Selatan (Pessel). Gempa ini berpusat di kedalaman 72 kilometer.

Dikutip potretnews.com dari tempo.co, gempa ini dirasakan di 8 kota, yaitu Padang, Solok, Painan, Padangpanjang, Kepahiang, Agam, dan Mukomuko, Bengkulu. Meski demikikan, BMKG menyatakan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Kepala Badan Meteorologi, dan Geofisika KG Stasiun Geofisika Padang Panjang Rahmat Triyono mengatakan gempa tersebut tidak menyebabkan tsunami. Karna magnitudenya tidak terlalu besar.

Kata dia, gempa tersebut dirasakan hampir di seluruh kawasan Sumatera Barat. Terutama kawasan yang berdekatan dengan Pesisir Selatan.

"Di Padangpanjang saja cukup kuat. Hampir lima detik guncangannya dirasakan," ujarnya Triyono. Sementara itu, pengamatan potretnews.com, media massa melansir bahwa getaran gempa Pessel juga sampai ke Pekanbaru, Indragiri Hilir, Dumai di Provinsi Riau, Mukomuko (Provinsi Bengkulu) dan Provinsi Kepulauan Riau. Kemudian, media siber batamnews.co.id juga merilis getaran gempa yang sampai ke Singapura dan Malaysia.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan korban jiwa dan kerusakan yang terjadi. ***



Kategori : Riau, Peristiwa
wwwwww