Arsyadjuliandi Rachman Dilantik 19 Mei, Sepulang Jokowi dari Luar Negeri

Arsyadjuliandi Rachman Dilantik 19 Mei, Sepulang Jokowi dari Luar Negeri

Presiden RI Joko Widodo mendengarkan penjelasan Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman.

Kamis, 12 Mei 2016 23:45 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pelantikan Arsyadjuliandi Rachman sebagai Gubernur Riau definitif kemungkinan akan digelar sehari setelah kepulangan Presiden Joko Widodo dari lawatannya ke luar negeri. Pelantikan akan digelar bersamaan dengan penobatan Gubernur Sumatera Utara dan Kepulauan Riau definitif serta pasangan Gubernur Kalimantan Tengah hasil pilkada 2016.

“Sudah (selesai proses administrasinya, red). Sudah ada keputusan DPRD. Baik itu untuk Kepri, Sumut, Riau, ditambah Kalimantan Tengah dan Wakil Gubernur DIY," ujar Tjahjo, Kamis (12/5/2016) malam.

Menurut Tjahjo, pelantikan kemungkinan bakal digelar sehari setelah kunjungan Presiden Joko Widodo ke luar negeri. Hal tersebut berdasarkan hasil rapat yang sebelumnya digelar dengan pihak sekretariat negara.

“Kami sudah rapat dengan sekretariat negara kemarin. Jadi mudah-mudahan begitu (presiden, red) pulang, sehari kemudian bisa dilantik," ujarnya.

Informasi yang diperoleh, Presiden Joko Widodo bakal melakukan kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan pada 15-18 Mei mendatang. Mengacu pada penjelasan Tjahjo, maka pelantikan kemungkinan sudah dapat digelar pada Jumat (19/5/2016) pekan depan.

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini mengatakan, pihaknya saat ini hanya tinggal mendalami lebih jauh, apakah pelantikan Wakil Gubernur DIY juga bisa digelar bersamaan dengan pelantikan empat kepala daerah lainnya.

“Saya lagi mengecek ke Dirjen Otda (Direktur Jenderal otonomi Daerah, red), apakah pelantikan Wagub DIY bisa dilakukan di Jakarta. Perlu dicek terlebih dahulu, apakah Undang-Undang Keistimewaannya (UU Keistimewaan Yogyakarta, red), itu bisa enggak," ujar Tjahjo. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
Jpnn.com

wwwwww