PotretNews.com Kamis 22 November 2018

Donor Kurang, Stok Darah di PMI Tembilahan Minim

Donor Kurang, Stok Darah di PMI Tembilahan Minim

Ilustrasi.

Selasa, 10 Mei 2016 07:28 WIB
Advertorial
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Wakil Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Irianto, mengatakan akhir-akhir ini pihaknya terus kekurangan stok darah."Tim PMI sudah mengupayakan kebutuhan stok darah, namun tetap saja belum cukup karena masyarakat yang membutuhkan darah lebih banyak dibandingkan dengan masyarakat yang menyumbangkan," kata dia.

Irianto menuturkan bahwa setiap bulannya sekira 800 kantong darah yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun pihak PMI Cabang Tembilahan hanya mampu memproleh 500 kantong darah saja per bulannya.

"Setiap bulan, Inhil kekurangan stok darah hingga 300 kantong karena dari 800 kantong darah yang dibutuhkan, PMI hanya dapat memperoleh 500 kantong darah setiap bulan," ucapnya.

Ads
Menurut dia, kelangkaan stok darah tersebut disebabkan dari minimnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya mendonorkan darah.

"Kelangkaan ini juga disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mendonorkan darah bagi orang lain. Masyarakat berfikir stok darah di PMI sudah banyak," tuturnya.

Lebih jauh dikatakan, berbagai upaya yang dilakukan oleh PMI untuk mengatasi keterbatasan stok darah, di antaranya gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan mencari relawan sebanyak-banyaknya serta bekerja sama dengan pihak intansin, swasta, perguruan tinggi dan sebagainya.

"Melalui upaya yang kita lakukan, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya darah bagi orang lain yang membutuhkan," ujarnya. (adv/pemkab/suf)

Kategori : Pemerintahan, Umum, Inhil
wwwwww