Aduuhh… Kebakaran Hutan dan Lahan Tak Kunjung Padam di Bengkalis, Masyarakat Berjaga hingga Larut Malam

Aduuhh… Kebakaran Hutan dan Lahan Tak Kunjung Padam di Bengkalis, Masyarakat Berjaga hingga Larut Malam

Kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bengkalis tak kunjung padam.

Minggu, 03 April 2016 18:28 WIB
BENGKALIS, POTRETNEWS.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Dusun Sungai Tiram, Desa Kembung Baru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, belum bisa dikendalikan hingga Minggu (4/4/2016). Informasi dari sejumlah warga, kebakaran meluas hingga ke Dusun Tasikdesa Pematangduku Timur, sehingga memaksa berjaga hingga larut malam untuk memadamkan api. Pemadaman yang dilakukan warga setempat bersama regu pemadam terkendala sulitnya mendapatkan air. Sejumlah warga terpaksa melangsir air dari parit yang jaraknya lumayan jauh dari lokasi kebakaran. ''Kami terpaksa melangsir menggunakan drum, jadi upaya pemadaman kurang maksimal,'' ujar Daim warga Tasik Pematangduku Timur, Minggu (4/4/2016).

Masih kata Daim, dirinya bersama sejumlah warga berjaga-jaga hingga karut malam, berbagai upaya mereka lakuka termasuk upaya membuat sekat agar api tidak masuk ke lahan perkebunan mereka. ”Tapi kalau kondisi panas seperti ini sangat sulit membedung api, apalagi kondisi lahan dipenuhi semak samun,” imbuh Daim.

Sulitnya pemadaman kebakaran di Desa Kembungbaru (lahan PT RRL) diakui Kabid Damkar, Suiswantoro. Karlahut di Kembungbru sudah terjadi sejak tiga hari lalu, namun sulitnya medan ditambah tidak adanya air di lokasi karlahut upaya pemadaman tidak maksimal.

''Di Kembungbaru kasusnya tidak ada air di lokasi Karlahut. Agar pemadaman bisa maksimal satu-satunya dengan cara water booming, jika tidak api dikawatirkan akan menyebar ke mana-mana,'' ujar Suis.

Besarnya kebakaran yang terjadi di desa Kembung Baru terlihat dari Desa Kembung Luar. Kepulan asap hitam membumbung tinggi dan jika malam hari awan terlihat merah membara. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
GoRiau.com

wwwwww