Home > Berita > Riau

Riau ”Pengoleksi” Terbanyak Titik Panas di Sumatera

Riau ”Pengoleksi” Terbanyak Titik Panas di Sumatera

Ilustrasi/Titik panas.

Jum'at, 04 Maret 2016 08:08 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Riau, Jumat (4/3/2016) pagi, mendeteksi adanya peningkatan titik panas dibeberapa daerah di Sumatera, antara lain Aceh, Bengkulu, Sumbar, Sumsel dan Riau. Hasil penghitungan dari Satelit Terra dan Aqua mencatat, ada sekitar 59 sebaran titik panas (hotspot) di provinsi tersebut, dengan rincian satu hotspot di Bengkulu dan Sumsel, tiga hotspot di Aceh dan Sumbar, enam hotsot di Sumut dan tertinggi di Riau, yakni 45 hotspot.

Artinya, titik panas Riau masih mendominasi di Sumatera. 45 sebaran hotspot tersebut diantaranya 21 titik panas di Bengkalis, satu titik panas di Meranti, lima titik panas di Dumai, dua titik panas di Pelalawan, 14 titik panas di Siak dan satu titik panas Inhu serta Inhil.

"Untuk titik api dengan level confidence (kepercayaan, red) di atas 70 pesen kita hitung sekitar 26 titik, diantaranya Pelalawan ada satu, Dumai ada lima titik, Siak ada delapan titik dan Bengkalis 12 titik," kata Kepala BMKG stasiun Pekanbaru Sugarin, Jumat pagi.

"Pada umumnya cuaca di wilayah Riau cerah hingga berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata dan bersifat lokal diperkirakan terjadi di wilayah Riau bagian selatan pada sore dan malam hari," ujarnya. ***

(Akham Sophian)
Sumber:GoRiau.com
wwwwww