Home > Berita > Umum

Lima Perusahaan di Riau Berpeluang Go Publik, Apa Saja Jenis Usaha?

Lima Perusahaan di Riau Berpeluang Go Publik, Apa Saja Jenis Usaha?

Kepala Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Riau, Emon Sulaiman

Kamis, 25 Februari 2016 09:03 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sekitar lima perusahaan menengah besar di Riau berpotensi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) . Dikatakan Kepala Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Riau, Emon Sulaiman, perusaaan yang memiliki potensi besar ini bergerak di sektor perkebunan dan rumah sakit.

"Kalau untuk potensi perusahaan di Riau ini sangat bagus. Ada empat hingga lima perusahaan besar menengah yang bisa go publik," ujarnya, Rabu (24/2/2016).

Diakui Emon, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan pendekatan pada sejumlah perusahaan yang secara persyaratan memenuhi ketentuan untuk melantai di bursa.

Pelaku usaha ini merespon positif. Namun kebanyakan perusahaan di Riau merupakan perusahaan keluarga. Meskipun secara ukuran sudah layak, untuk sharing dengan pihak lain melalui bursa saham tentu akan berpikir dua kali.
Keputusan apakah akan go publik atau tidak, tetap berada pada kebijakan perencanaan perusahaan kedepan.

"Secara wacana mereka ingin go publik itu ada. Termasuk BUMD juga ada yang ingin go publik. Ada perusahaan yang secara size bisa go publik.

Tapi meskipun secara size memenuhi ketentuan go publik, tetap kembali ke kebijakan perencanaan perusahaan kedepan," katanya.

Peluang mencari pendanaan di pasar modal bisa dimanfaatkan pelaku usaha di Riau. Baik dari sisi perusahaan besar yang memang membutuhkan pendanaan cukup besar maupun UMKM.

"Kami membuka peluang seluas luasnya pada pelaku usaha," katanya.

Tidak saja perusahaan besar, untuk pelaku UMKM pun saat ini sedang dibuat peluang agar mereka bisa ikut melantai di bursa. Dengan ikut melantai di bursa, maka UMKM pun bisa mengambil pembiayaan dari masyarakat.

"Persyaratannya lagi dikaji supaya kedepannya UMKM bisa mengambil pembiayaan dari masyarakat," katanya.***

(wawan setiawan)
Kategori : Umum, Riau
Sumber:tribunpekanbaru.com
wwwwww