Home > Berita > Inhil

Lestarikan Biota Laut, Pemkab Inhil akan Bangun Pusat Penelitian Mangrove di Pantai Solop

Senin, 22 Februari 2016 12:50 WIB
Advertorial
lestarikan-biota-laut-pemkab-inhil-akan-bangun-pusat-penelitian-mangrove-di-pantai-solopSalah satu pemandangan Pantai Solop.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Hutan mangrove Pantai Solop yang terdapat di Pulau Cawan Kecamatan Mandah diklaim punya keindahan yang luar biasa. Untuk itu akan didirikan pusat penelitian mangrove di sana. Rencana pembangunan pusat penelitian tersebut yang menjadi fokus Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau tinggal menunggu masterplan (rencana induk) dalam pengerjaannya.

"Insya Allah akan buat masterplan-nya secara keseluruhan. Sehingga tidak bisa sembarang dimanfaatkan orang lagi," sebut Kadis Perikanan, Mukhtar T, belum lama ini.

Dia berpendapat, dengan adanya masterplan, selain menjadi pusat penelitian, lokasi tersebut juga akan dapat membantu melestarikan biota-biota laut yang ada di sana.

Mukhtar yang juga pernah menjabat sebagai kadis Perkebunan mengungkapkan, pihaknya akan saling bersinergi dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Inhil dalam pengelolaannya agar Pantai Solop dengan kekayaan alam tersebut dapat dilestarikan dan dikenal orang banyak.

"Akan ada bagian yang dibangun Disporabudpar dan ada bagian yang akan dibangun Dinas Perikanan, seperti hal pembanguan Pusat Penelitian dan Tambak nantinya," ujarnya.

Dia memastikan di tahun 2016 ini rancangan masterplan pusat penelitian hutan mangrove di Pantai Solop tersebut dapat terlaksana. (adv/pemkab/suf)

wwwwww