Home > Berita > Inhil

Kesadaran Warga Inhil Urus Dokumen Kependudukan Kian Tinggi, Verman: Syukurlah kalau Tak Lewat Calo

Sabtu, 20 Februari 2016 17:48 WIB
Advertorial
kesadaran-warga-inhil-urus-dokumen-kependudukan-kian-tinggi-verman-syukurlah-kalau-tak-lewat-caloIlustrasi.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, HM J Verman mengimbau warga untuk terus melakukan perekaman data e-KTP. “Perlahan-lahan minat masyarakat untuk merekam sudah mulai terlihat. Hal itu dapat dilihat dari jumlah e-KTP yang dikeluarkan. Meski demikian kita tetap mengajak warga yang belum merekam agar segera merekam,” kata HM J Verman, Jumat (19/2/2016).

Sebagaimana ketentuan, e-KTP merupakan program nasional yang wajib untuk disukseskan pelaksanaannya. Bahkan timbul wacana baru pembuatan KTP anak. Sebagai pemerintah di tingkat bawah, pihaknya siap untuk menjalankan itu.

“Khusus e-KTP berlaku seumur hidup. Jadi warga tak perlu lagi memperpanjangnya. Kalau ada perubahan data silakan laporkan saja, biar bisa disesuaikan,” kata mantan Kepala Bagian Umum Setdakab Inhil ini.

Selain itu, HM J Verman menyarankan kepada masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan sebelum mendesak. Artinya setiap warga harus memiliki kartu keluarga (KK) dan KTP maupun administrasi lainnya. “Uruslah sebelum mendesak. Kemudian jangan sampai mengurusnya melalui jasa calo. Silakan datang langsung, petugas siap melayani,” ujarnya, sembari bersyukur karena warga yang mengurus tak lewat calo.

Sejauh ini, Disdukcapil dan beberapa instansi pemerintah lainnya sudah melakukan kerja sama untuk pembuatan akta kelahiran. Mengingat akta kelahiran salah satu syarat yang paling diperlukan bagi banyak keperluan. (adv/pemkab/suf)

Kategori : Inhil, Umum, Pemerintahan
wwwwww