Home > Berita > Rohil

Sebentar Lagi, Speedboat Berkapasitas 100 Penumpang Hilir Mudik Antarkan Wisatawan ke Pulau Jemur

Sebentar Lagi, Speedboat Berkapasitas 100 Penumpang Hilir Mudik Antarkan Wisatawan ke Pulau Jemur

Speedboat berkapasitas 100 penumpang bakal dibeli Pemkab Rohil untuk mengantarkan wisatawan ke Pulau Jemur. Dalam gambar, rombongan Bupati Suyatno (ketika itu masih wakil bupati, red) di atas Speed KM Pulau Jemur I.

Rabu, 17 Februari 2016 13:18 WIB
Advertorial
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), Pemkab Rokan Hilir (Rohil), Riau, fokus untuk memaksimalkan sektor lain, salah satunya pengembangan objek wisata Pulau Jemur. Agar kawasan ini bisa dikunjungi, Pemkab Rohil dalam waktu dekat akan membeli sarana transportasi berupa speedboat dengan kapasitas 100 penumpang. Pembelian boat ini dikarenakan letak Pulau Jemur sangat jauh dari ibu kota kabupaten dan berbatasan langsung dengan Pork Klang, Malaysia.

"Kebijakan ini dilakukan sebagai langkah strategis untuk meningkatkan keuangan daerah mengingat terjadinya penurunan perimbangan terutama di sektor bagi hasil (DBH) minyak bumi dan gas (migas) yang diterima Rohil setiap tahunnya,” ujar Plt Sekda Surya Arfan, di Bagansiapiapi, Selasa (16/2/2016).

Surya berpendapat, Rohil harus mengembangkan objek wisata yang ada, tren penerimaan DBH terus berkurang. Dicontohkan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengalami pengurangan DBH dari Rp312 miliar tinggal Rp12 miliar saja, bayangkan berapa yang hilang.

Menggantungkan pendapatan dari dana perimbangan, terang Surya Arfan sudah sangat riskan. Karena itu pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan dinas satker terkait meningkatkan pada di sektor lainnya, termasuk melakukan upaya pengembangan objek wisata, pembenahan infrastruktur dan fasilitas yang diperlukan.

Selain itu, lokasi pasar di lingkungan depan jembatan Pedamaran akan diaktifkan sesuai dengan fungsinya. "Pasar yang ada di Jembatan Pedamaran akan kita jadikan pasar sentral oleh-oleh khas Rohil, suvenir dengan harapan sejumlah pedagang makanan, minuman produk khas Rohil akan pindah ke sana," ujar Surya. (adv/pemkab/raja-jaka)

Kategori : Rohil, Pemerintahan
wwwwww