12 Grup Rebana se-Pekanbaru Adu Kemampuan

12 Grup Rebana se-Pekanbaru Adu Kemampuan

Foto bersama usai pembukaan acara lomba rebana antarkecamatan oleh Asisten IV Setdako Pekanbaru Dr Hj Mutia Eliza MM, Selasa (9/2/2016).

Selasa, 09 Februari 2016 11:58 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Memperingati Milad ke-18 Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), digelar lomba rebana antarkecamatan yang dibuka Asisten IV Bidang Kesejahteraan Rakyat Setdako Pekanbaru Dr Hj Mutia Eliza MM di aula kantor wali kota, Selasa (9/2/2016). Ketua BKMT Hj Nurhasanah dalam pidatonya mengatakan rebana merupakan salah satu bentuk seni budaya Islam yang mempunyai fungsi dakwah. Sebab, di dalam syair/lagu yang disampaikan di dalamnya umumnya penuh dengan pesan-pesan agama.

”Dakwah itu tidak hanya dengan metode ceramah, wirid pengajian, tapi dakwah juga bisa dilakukan lewat seni. Oleh sebab itu, dalam rangka milad ke-18, BKMT mencoba untuk memperlombakan rebana yang ada di Kota Pekanbaru,” kata dia.

Tujuan lomba disebut Nurhasanah, antara lain agar peserta rebana dari 12 kecamatan di Pekanbaru, memiliki keterampilan lebih baik lagi dan dapat mengikuti perkembangan yang ada. Sehingga ke depan, kesenian rebana ini betul-betul menjadi kesenian yang baik dan diminati serta disenangi masyarakat Pekanbaru.

Asisten IV Bidang Kesejahteraan Rakyat Hj Mutia Eliza dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kota Pekanbaru menyambut gembira atas diselenggarakannya lomba rebana. Karena selain untuk menggiatkan syiar Islam, juga sebagai media penyaluran bakat bagi kaum wanita di Ibu Kota Provinsi Riau ini, khususnya kelompok-kelompok pengajian ibu-ibu.

”Selain itu, kegiatan ini juga akan memperkaya khazanah seni islami yang mencerminkan tradisi Melayu sebagai adat resam khazanah budaya bumi bertuah ini,” paparnya.

Dikemukakan, pada saat ini dan masa yang akan datang bangsa Indonesia menghadapi berbagai perubahan yang bergerak cepat sebagai akibat dari pengaruh globalisasi serta perkembangan bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Oleh karena itu, imbuh Eliza, penyelenggaraan acara ini dapat menanamkan kesan berupa nilai-nilai ethika dan moral dalam keluarga, lingkungan, serta kehidupan bermasyarakat.

Hj. Mutia Eliza mengharapkan peserta lomba rebana antarkecamatan yang ditaja BKMT dapat menambahkan kreativitas islami di Kota Pekanbaru, menanamkan rasa persahabatan antarpeserta lomba dan juga dapat mendukung Visi dan Misi Kota Pekanbaru yaitu Mewujudkan Pekanbaru Menjadi Kota Metropolitan yang Madani. (rls)

(Mukhlis)
Kategori : Pemerintahan
wwwwww