Home > Berita > Inhil

Ketua RT dan RW di Desa Pengalihan Inhil Bakal Dipilih secara Demokratis, Buhari: Masyarakat Tak Puas Tata Cara yang Main Tunjuk Saja

Ketua RT dan RW di Desa Pengalihan Inhil Bakal Dipilih secara Demokratis, Buhari: Masyarakat Tak Puas Tata Cara yang Main Tunjuk Saja

Kepala Desa Pengalihan Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir, Buhari.

Kamis, 04 Februari 2016 22:31 WIB
Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Kepala Desa Pengalihan Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, yang baru saja dilantik, Buhari membantah bahwa dirinya akan memberhentikan sepihak para Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). Ia membenarkan akan melakukan pergantian Ketua RT/RW, namun pergantian itu berdasarkan aspirasi masyarakat yang tidak puas dengan ketua RT/RW yang dipilih oleh kades lama saat ini.

"Memang ada pertemuan yang kami selenggarakan pada Rabu (20/1/2016) malam bersama BPD, Ketua RT/RW dan masyarakat. Dari pertemuan itu, masyarakat meminta pergantian agar ada penyegaran RT/RW" jelas Buhari kepada awak media termasuk potretnews.com di Tembilahan, Selasa (2/2/2016).

Sementara itu, untuk metode pemilihan ketua RT/RW berdasarkan hasil musyawarah masyarakat setempat. Masyarakat tidak puas dengan tata cara lama yang mayoritas ketua RT/RW hanya main tunjuk saja, tanpa melalui pemilihan berdasarkan kehendak masyarakat.

"Siapa yang disukai oleh masyarakat, itu yang akan saya pilih sebagai ketua TT/RW," katanya. Jadi, lanjutnya, ketua RT/RW yang lama tidak tertutup kemungkinan akan menjabat lagi.  "Selama itu yang dikehendaki oleh masyarakat, kami setuju. Kami dari pemdes hanya menfasilitasi saja," katanya.

Sementara itu, untuk memilih perangkat desa, Buhari juga tidak akan sembarang tunjuk saja, namun akan mengacu pada Perda Kabupaten Inhil No 4 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

"Di sana dijelaskan beberapa poin, salah satunya bahwa perangkat desa minimal tamat SMA dan berusia berkisar 20-42 tahun. Jadi siapa saja bisa menjadi perangkat desa, asal memenuhi syarat dan disukai oleh masyarakat," katanya.

Buhari yang selama dikenal oleh masyarakat sebagai pedagang ayam ini mengatakan akan mendengarkan dan mengikuti keinginan masyarakat.

"Sebelumnya siapa yang akan menyangka saya akan menjadi kepala desa. Namun karena saya dipercayakan oleh masyarakat yang umumnya berasal dari kecil, maka saya akan berusaha untuk tidak mengecewakan mereka," tambahnya.

Sanggahan ini merupakan klarifikasi dari pemberitaan sebelumnya, karena para Ketua RT dan dari Desa Pengalihan, Kecamatan Enok mendatangi Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Jumat (29/1/2016).

Kedatangan para RT dan RW ini dalam rangka menyampaikan keberatan atas tindakan kepala desa mereka yang baru dilantik yang ingin membubarkan atau memberhentikan seluruh ketua RT/RW. ***

Kategori : Inhil, Pemerintahan
wwwwww