Home > Berita > Riau

Dua Master Berbagi Strategi Bersaing di Era MEA kepada Asesor Kompetensi Riau

Dua Master Berbagi Strategi Bersaing di Era MEA kepada Asesor Kompetensi Riau

Drs Riyono Gede Trisoko (kiri) bersama dua narasumber lainnya, memberikan pemaparan tentang Recognition of Current Competency (RCC) atau Pengakuan Kompetensi Terkini.

Senin, 01 Februari 2016 15:58 WIB
Mukhlis
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Lembaga Sertifikasi Profesi  Pariwisata Lancang Kuning Nusantara (LSP PLKN) Riau bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)  menggelar kegiatan awal bulan 2016 bertema Recognition of Current Competency (RCC) atau Pengakuan Kompetensi Terkini.

Direktur (LSP PLKN) Drs Riyono Gede Trisko MM dalam perbincangan dengan potretnews.com, Senin (1/2/2016) mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama dua hari (29-30 Januari) itu merupakan pertama kali LSP PLKN di tahun 2016, dengan peserta asesor dari seluruh Riau yang sudah berkompeten khususnya bidang pariwisata.

"Kegiatan ini berupa pelatihan bagi para asesor yang ada di Riau. Tujuannya adalah untuk menaikkan kualitas di bidang asesor dalam menghadapi pekerjaan dan kualitas pariwisata dengan upgrade asesor. Ini sangat berguna di era Masyarakat Ekonomi Asian (MEA) yang bakal kita hadapi dalam waktu dekat," kata dia.

Dijelaskannya, dengan upgrade itu menjadikan konsep cara berpikir dan kerja dalam proses assessment yang dilakukan oleh LSP PLKN sudah mengikuti ASEAN Common Competency Standards for Tourism Professionals (ACCSTP). ACCSTP yaitu sertifikasi yang sudah disetujui serta disadari oleh kelompok pelaku industri pariwisata untuk beragam tipe keterampilan, dari mulai perhotelan, kuliner, sampai wisata ketertarikan spesial seperti wisata petualangan di ASEAN.

"LSP LPKN sendiri menargetkan 30 persen kegiatan sertifikasi sudah selesai pada bulan Maret mendatang. Hal ini sudah sesuai dengan saran Deputi Pengembangan SDM dan pariwisata Indonesia. Kami optimis LSP PLKN siap menghadapi MEA nanti," beber Riyono. 

Pada kesempatan itu pula, Riyono menambahkan LSP PLKN dan BNSP mendatangkan dua master asesor dari Jakarta bernama Rina Simbolon dan Silvia Rani. Keduanya memberikan pengarahan dan ilmu tentang pariwisata kepada peserta dalam kegiatan tersebut.

"Kami memberikan apresiasi yang sangat bagus pada LSP PLKN. Sebab mereka aware terhadap peningkatan kemampuan asesor. Kami berharap mereka terus mengadakan acara yang bisa membantu para asesor dan semakin maju di masa depan," ujarnya. ***

Kategori : Riau, Umum
wwwwww