Home > Berita > Riau

Kepala BNPB Bilang Kemampuan Perusahaan di Riau Padamkan Api Belum Memadai

Kepala BNPB Bilang Kemampuan Perusahaan di Riau Padamkan Api Belum Memadai

Ilustrasi pemadaman api oleh perusahaan.

Rabu, 27 Januari 2016 12:18 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kepala BNPB Willem Rampangilei mengatakan selama ini kemampuan perusahaan di Riau dalam melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau belum memadai. Hal ini bisa dilihat masih terjadinya selama ini kebakaran di lahan perusahaan. "Kemampuan perusahaan tidak memadai untuk padamkan api. Buktinya selama ini kalau memadai pasti tidak akan terjadi kebakaran di perusahaan,"ujar Willem Rampangilei saat memberi arahan dalam rakor pencegahan karhutla di Riau Rabu (27/1/2016).

Tidak hanya kemampuan perusahaan yang dikritisi Willem, ketegasan penegak hukum juga dianggapnya belum maksimal. Ini bisa dilihat masih banyaknya pelaku pembakaran setiap tahunnya.

"Jadi tidak ada efek jeranya kepada pelaku. Kalau penegakan hukum maksimal, saya rasa tidak akan ada terulang lagi,"ujar Willem.

Dalam ketentuannya, Willem menambahkan, warga boleh melakukan pembakaran lahan maksimal 2 hektar. Tapi dengan syarat melakukan sekat terlebih dahulu agar tidak merambat ke lahan lain dan memadamkan api sepenuhnya setelah selesai membakar. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Riau, Peristiwa
Sumber:Tribunpekanbaru.com
wwwwww