Home > Berita > Inhil

Anggaran Miliaran Dialokasikan untuk Pembangunan Desa, Jangan Malah Menjadi Petaka bagi Kepala Desa

Anggaran Miliaran Dialokasikan untuk Pembangunan Desa, Jangan Malah Menjadi Petaka bagi Kepala Desa

Ilustrasi dana desa.

Minggu, 24 Januari 2016 17:45 WIB
Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Riau, HM Wardan meminta setelah dilantik kepala desa terpilih agar dapat bekerja secara profesional, demi kemajuan pembangunan desa. Pesan tersebut disampaikan Bupati saat melantik kepala desa terpilih di Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra) dan Kecamatan Concong, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Jumat (22/1/2016) lalu.

Acara tersebut turut dihadiri Bunda Paud Inhil Hj Zulaikhah Wardan, Kepala BPMPD Yulizal, Kadinkes Zainal, Kabag Humas Ahmad Ramani, Kadishub Tantawi, Sekretaris Bappeda Andrismar, dan unsur Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra) serta disaksikan ratusan masyarakat setempat.

"Hari ini kita melaksanakan pelantikan di hari yang penuh berkah, hari Jumat yang dikenal sebagai ibu dari hari-hari lain. Semoga amanah masyarakat bisa dijalankan dengan baik, untuk memajukan desa," tutur Wardan.

Ditegaskan bupati, kades terpilih harus bisa memimpin desa secara profesional, mengerti tugas pokok dan fungsi sebagai kepala desa. Karena, kata Mantan Kadisdik Provinsi Riau ini, pelaksanaan pembangunan harus mendelegasikan secara bersama-sama, sesuai dengan tugas yang diberikan dalam struktur desa.

Apalagi, imbuh bupati, perhatian pemerintah ke desa sangat besar, minimal Rp miliar kucuran dana yang digelontorkan. Dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) paling kecil 500 juta, dari provinsi 500 juta dan pusat sekira 300 juta.

"Oleh karena itu perlu dipahami betul-betul tugas dan fungsi. Sehingga besarnya anggaran yang masuk ke desa bisa menjadi peluang dalam memajukan desa dan bukan malah menjadi malapetaka," tegas bupati.

Sementara itu, amanah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa mengenai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sebelum menjalankan tugas sebagai kepala desa (Kades) terpilih kepada Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Wardan dijadwalkan berakhir di Kecamatan Batang Tuaka, Sabtu (23/1/2016) besok. ***

Kategori : Inhil, Pemerintahan
wwwwww