Polisi Endus Peredaran Uang Palsu di Dumai

Polisi Endus Peredaran Uang Palsu di Dumai

Ilustrasi. Wisata kuliner malam hari di Kota Dumai.

Sabtu, 23 Januari 2016 10:35 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Warga diingatkan untuk waspada terhadap uang palsu. Saat ini ada dugaan uang palsu beredar di tengah masyarakat. Modus peredarannya dengan membelanjakan pada pedagang. Biasanya uang tersebut dibelanjakan malam hari. “Kami ingatkan masyarakat agar mewaspadai peredaran uang palsu. Baru-baru ini, ada temuan uang tersebut beredar,” ujar Kapolres Dumai, AKBP Suwoyo SIK, Jumat (22/1/2016).

Dijelaskan Kasat Reskrim AKP Herfio Zaki SIK seorang pedagang yang ada di Kota Dumai telah menjadi korbannya beberapa waktu lalu. “Ketika pedagang tersebut menyetor uang penjualannya ke bank, petugas menyatakan satu lembar uang pecahan Rp100.000 miliknya palsu,”jelasnya.

Awalnya pedagang ini yang hendak menyetorkan uang hasil dagangannya ke Bank BRI di Mapolres Dumai. Petugas bank menyatakan bahwa selembar uang tersebut palsu.

Mendapat informasi tersebut, anggota polres mendatangi pihak bank, lalu mengamankan uang yang diduga palsu tersebut. Secara kasat mata, dibandingkan yang palsu dan yang asli tidak terlihat perbedaannya. Saat dilihat, diraba dan diterawang pun nyaris sama dengan uang asli.

“Setelah disinari pakai lampu ultra violet baru tampak perbedaan yang signifikan. Uang diduga palsu memantulkan cahaya UV, sedangkan yang asli memyerap cahaya UV tersebut,”jelas Zaki.

Dari segi ukuran, uang yang diduga palsu jika dibandingkan dengan yang asli, tampak sedikit lebih lebar dan panjang. Selisih 0,5 mili meter saja. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Hukrim, Dumai
Sumber:Riaupos.co
wwwwww