Home > Berita > Riau

Plt Gubri: Calon dan Pendukungnya Harus Legowo, Jangan Sampai Terjadi Anarkis

Plt Gubri: Calon dan Pendukungnya Harus Legowo, Jangan Sampai Terjadi Anarkis

Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Kamis, 10 Desember 2015 10:23 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengimbau semua calon kepala daerah dan para pendukungnya yang bersaing dalam Pilkada serentak agar legowo menerima apa pun hasilnya. Ia minta agar jangan terjadi tindakan anarkhis. Kemarin, Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman didampingi Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan dan Danrem 031/WB Brigjen TNI Nurendi dan Kejati Riau Susdiarto, keliling ke empat Kabupaten/Kota memantau pelaksanaan Pilkada serentak.

Tujuan pertama Plt Gubernur ke Kabupaten Rokan Hulu. Di sana ia mengunjungi sebuat TPS di Kecamatan Tambusai Utara. Kemudian dilanjutkan dengan menuju ke Bagansiapiapi, Rokan Hilir.

Dari Rohil, Plt Gubri dan rombongan menuju ke Kota Dumai. Kemudian kunjungan terakhir ke Duri, Kabupaten Bengkalis.

"Dari hasil pantauan yang kami lakukan, semua berjalan kondusif, kita berharap ini berjalan terus seperti yang diinginkan," ujar Plt Gubri saat ditemui dalam kunjungannya di sebuah TPS di Kecamatan Mandau, kemarin.

Kepada simpatisan kandidat kepala daerah, Andi Rachman berpesan agar menahan diri. "Jangan sampai anarkis," kata dia.

Sementara kepada para calon yang ikut bertarung di Pilkada serentak, ia berpesan untuk bisa menerima apapun hasilnya, menang atau kalah. "Semua pasangan calon harus legowo dan menahan diri, jaga kondusifitas di seluruh daerah," ujar Andi.

Menurut Andi Rachman, Kapolda sudah menginstruksikan kepada anggotanya untuk meningkatkan pengamanan usai digelar pencoblosan.

Mengenai tingkat partisipasi pemilih yang menurun di sejumlah daerah, Andi Rachman tak mau berspekulasi. "Kami hanya melihat sejumlah TPS, jadi hasilnya dilihat besok bagaimana tingkat partisipasi pemilih," jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Riau Brigjen Pol Dolli Bambang Hermawan saat ditemui dalam kunjungannya ke satu TPS di Mandau menjelaskan, Pilkada serentak di Provinsi Riau masih dalam kondisi aman terkendali.

"Sejauh ini kondisinya masih aman, kita harapkan sampai nanti tetap aman dan terjaga keamanannya," ujar Kapolda.

Menurut Kapolda, pihaknya tetap akan berjaga di sembilan kabupaten dan kota. Ia meminta kepada seluruh pasangan calon serta masyarakat menjaga kondusifitas wilayahnya masing-masing.

"Mari kita jaga keamanan wilayah kita, semuanya harus terlibat menjaganya," ujar Kapolda.

Sementara saat ditanya apakah ada laporan gangguan Kamtibmas dari berbagai wilayah, Kapolda kembali menjelaskan kondisi secara keseluruhan aman.

"Kita harapkan jangan sampai ada laporan yang tidak diinginkan, seluruh masyarakat juga mengharapkan itu kan,"ujarnya.***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Riau, Politik
Sumber:Tribunpekanbaru.com
wwwwww