Home > Berita > Riau

KPU Riau Klaim Siap Selenggarakan Pilkada 9 Desember

KPU Riau Klaim Siap Selenggarakan Pilkada 9 Desember

Ilustrasi. Pengiriman logistic pilkada di kawasan perairan.

Selasa, 08 Desember 2015 10:39 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mengklaim pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak di 9 Kabupaten di Riau sudah siap 90 persen.
Ketua KPU Riau, Nurhamin, seperti dikutip potretnews.com dari Tempo, Senin (7/12/2015) sudah mendapat laporan dari Komisioner KPU Kabupaten/kota bahwa logistik dan administrasi penyelenggaraannya sudah siap. ”Satu hari menjelang hari pelaksanaan kami yakin surat suara sudah sampai ke TPS,” kata Nurhamin.

Sejauh ini kata dia, hanya Kabupaten Bengkalis dan Meranti yang melaporkan belum menyalurkan surat suara ke seluruh kecamatan dan desa di daerah itu. Hal itu disebabkan kedua kabupaten itu berada di wilayah pesisir Riau yang terbagi atas pulau-pulau, sehingga memaksa petugas harus menyediakan kapal khusus untuk penyaluran logistik. ”Tapi sudah dipetakan oleh petugas di daerah untuk penyaluran logistik di daerah yang jauh,” kata dia.

KPU Riau mewaspadai daerah rawan banjir di tiga kabupaten penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah seperti Indragiri Hulu, Pelalawan dan Rokan Hulu. Ada beberapa kecamatan dan desa di tiga kabupaten ini mengalami banjir. Namun sejauh ini kata Nurhamin, belum ada laporan dari petugas di daerah mengenai kendala penyaluran logistik akibat banjir.

Untuk pelaksanaannya kata dia, petugas sudah menyiapkan tempat untuk pergeseran TPS terdampak banjir, begitu juga TPS terapung yang bakal digunakan untuk permukiman yang mengalami banjir cukup parah.

Namun sejauh ini kata Nurhamin, kondisi banjir di beberapa daerah masih dapat dikendalikan. “Sementara ini banjir tidak terlalu parah, dan tidak menghalangi pelaksanaan pilkada,” kata dia.

Ketua KPU Rokan Hulu Fahrizal mengaku tidak ada kendala dalam penyaluran logistik meski satu wilayah masih tergenang banjir di Kecamatan Kunto Darusalam. Untuk mencapai daerah itu kata Fahrizal, petugas terpaksa menempuh jalan memutar dari Kota Duri, Kabupaten Bengkalis. Jalur tersebut dianggap aman untuk perlintasan truk pengangkut logistik.

“Meski bertambah jauh, tapi lintasannya masih aman untuk mencapai Kecamatan Kunto Darusalam yang terendam banjir,” kata dia.

Sebanyak 9 Kabupaten/Kota di Riau mengikuti Pemilihan Kepala Daerah secara serentak, 9 Desember 2015 mendatang yakni Rokan Hilir, Rokan Hulu, Dumai, Meranti, Indragiri Hulu, Pelalawan, Siak , Kuantan Singingi dan Bengkalis. Sebanyak 26 Calon kepala daerah bertarung di daerahnya masing-masing. Pemungutan suara dilaksanakan di 110 Kecamatan, 1,282 Desa dan 7,282 TPS. Sebanyak 2,365,691 pemilih masuk dalam Daftar Pemilih Tetap di masing-masing daerah. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Riau, Politik
Sumber:Tempo.co
wwwwww