Home > Berita > Umum

Wow... Hingga Pertengahan November 2015, Realisasi Investasi di Riau Capai Rp11 Triliun

Wow... Hingga Pertengahan November 2015, Realisasi Investasi di Riau Capai Rp11 Triliun

Perkebunan kelapa sawit salah satu sektor unggulan investasi di Riau.

Jum'at, 27 November 2015 21:24 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Realisasi investasi di Provinsi Riau hingga pertengahan November tahun 2015 mencapai Rp11 triliun dari target realisasi investasi yang ditetapkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal sebesar Rp18,5 triliun.
"Kita mencatat, hingga kini baru Rp11 triliun investasi yang ditanamkan di Riau," ungkap Kepala Badan Penanam Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Provinsi Riau, Ismaili Fauzi di Pekanbaru, Jumat (27/11/2015).

Ia jelaskan, realisasi sebesar itu rata-rata masih menyasar pada sektor unggulan yang merupakan primadona setiap tahun seperti perkebunan, hutan tamanan industri dan sektor jasa di provinsi berjuluk bumi lancang kuning.

Beberapa faktor dinilai masih menjadi penghambat investasi di Riau seperti masalah rencana tata ruang dan wilayah yang belum disahkan Kementerian Kehutanan, lalu kebakaran lahan dan hutan di Sumatera menimbulkan kabut asap kiriman serta terbatasnya infrastruktur.

Seperti diketahui, aktifitas perekonomian di daerah itu lumpuh selama hampir tiga bulan atau mulai dari Agustus hingga Oktober 2015 akibat dilanda kabut asap kiriman dari Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi "Kita tetap optimis target yang dibebankan oleh BPKM mencapai Rp18,5 triliun, bisa dikejar. Apalagi tahun tahun ini masih ada waktu sekitar satu bulan setengah lahi hingga akhir tahun," ucap dia.

Pelaksana tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pada pertengahan tahun ini menjelaskan bahwa investasi di Riau tidak berhenti. Walu lambat, tapi terus bergerak yang membawa tren positif bagi daerah itu.

Meski saat ini masih terjadi perlambatan ekonomi duani secara global termasuk realisasi investasi, sedangkan bagi Provinsi Riau salah satu disebabkan karena belum tuntasnya Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) .

"Tapi secara penambahan, tejadi investasi yakni contohnya PT RAPP (Riau Pulp and Paper) menambah tanamkan modal sebesar Rp4 triliun. Selain itu, terdapat juga investasi pabrik pupuk di Dumai," kata dia.***

(wawan setiawan)
Kategori : Umum, Riau
Sumber:bisnis.com
wwwwww