Bingung Lewat Mana, Ini Jalan Alternatif di Pekanbaru Selama Kongres HMI

Bingung Lewat Mana, Ini Jalan Alternatif di Pekanbaru Selama Kongres HMI

Ilustrasi pengalihan arus sementara.

Sabtu, 21 November 2015 13:17 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru, Provinsi Riau, menyiapkan rute alternatif bagi masyarakat pengguna jalan yang hendak melewati titik konvoi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, yang rencananya tiba ke Pekanbaru guna membuka Kongres XXIX HMI. Rekayasa lalu lintas ini disiapkan selama pelaksanaan kongres berlangsung pada 22 hingga 26 November 2015. Salah satu lokasinya, berada di Hotel Labersa dan Gelanggang Remaja, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

"Kita telah menyiapkan sejumlah skema untuk mengantisipasi jika ada kemacetan. Ini akan diberlakukan selama pelaksanaan kongres (yang dibuka di Hotel Labersa)," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru Kompol Zulanda, Sabtu (21/11/2015) siang.

Skema pengalihan ini, sambungnya, fokus pada arus lalu lintas di sekitar jalan protokol (Sudirman), yakni Jalan KH Nasution dialihkan melalui Jalan Adi Sucipto menuju Jalan Rawa Mulia. Darisana dilanjutkan ke Jalan Rawa Indah, lalu keluar ke Jalan Arifin Achmad menuju Jalan Jenderal Sudirman.

Sementara itu kendaraan yang datang dari arah kota yang menuju Jalan Arifin Achmad, kemungkinan besar akan terjadi kontra flow (lawan arus). Para pengendara akan diarahkan berbelok melalui u-turn (putaran) depan Purna MTQ, kemudian berbelok untuk menuju Jalan Arifin Achmad.

Skema pengalihan tersebut, kata dia, tetap mengacu pada kondisi terkini arus lalu lintas pada saat pelaksanaan kongres. "Jika memang pada saat kongres tidak terjadi kemacetan berarti, kita tidak akan lakukan pengalihan arus," ucapnya.

Zulanda mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan, khususnya pengendara yang datang dari arah selatan menuju kota, maupun yang dari kota menuju ke selatan, agar tetap mengikuti petunjuk dari personel lalu lintas yang bertugas, agar terhindari dari kemacetan.

Pada bagian lain Zulanda menyebut pihaknya sudah mempersiapkan sebanyak 75 personel yang akan ditempatkan di seluruh lokasi dan rute kongres, serta pada titik yang diprediksi terjadi kemacetan. "Itu hanya dari Satlantas Polresta Pekanbaru, belum petugas gabungan lainnya," ujar dia. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Pekanbaru, Umum
Sumber:GoRiau.com
wwwwww