Home > Berita > Siak

Miris... Tercatat sebagai Kabupaten Super Kaya No 4 Indonesia, Gaji Guru TK dan PAUD di Siak Memprihatinkan

Miris... Tercatat sebagai Kabupaten Super Kaya No 4 Indonesia, Gaji Guru TK dan PAUD di Siak Memprihatinkan

Ilustrasi demo guru menuntut kenaikan gaji.

Rabu, 11 November 2015 07:42 WIB
Abdul HR
SIAK, POTRETNEWS.com - Guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK) di Kabupaten Siak, Riau, mengeluhkan gaji yang masih minim. Padahal peran mereka sangat strategis dalam rangka mempersiapkan generasi penerus bangsa sejak usia dini. Fakta itu diungkapkan tokoh masyarakat Kerincikanan, Maskur tatkala menghadiri silaturahmi dengan Bupati Siak Syamsuar, di Kampung Perakjaya, Selasa (10/11/2015). "Kami meminta kepada dinas terkait agar lebih memperhatikan kesejahteraan guru PAUD dan guru TK yang ada di Kabupaten Siak karena honornya saat ini masih rendah. Jika diibaratkan buruh, pendapatannya tidak sesuai dengan upah minimum kabupaten," tutur Sodik.

Dia mengatakan, selama ini honor guru PAUD dan TK masih sangat rendah. Padahal, kerja mereka sangat berat dibandingkan mengajar murid SD. Sayangnya, Sodik tak menyebut berapa besarnya honor guru tersebut.

"Para guru juga menyampaikan keluhannya kepada kami suda lama honor mereka tidak pernah dinaikkan. Mereka meminta kepada Pemkab Siak agar berkenan menaikkannya. Kalau menurut saya, permintaan ini sangat wajar, mengingat alokasi anggaran APBD untuk pendidikan mencapai 20 persen,” ujar Sodik.

Perlu diketahui, sebagaimana viva.co.id pada terbitan Rabu, 28 Juli 2010, Kabupaten Siak tercatat sebagai daerah super kaya no 4 di Indonesia karena menerima dana bagi hasil sumber alam. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Siak, Pemerintahan
wwwwww