Home > Berita > Riau

Kabut Asap Masih Selimuti Riau, Satelit Deteksi 90 Titik Panas

Kabut Asap Masih Selimuti Riau, Satelit Deteksi 90 Titik Panas

Ilustrasi.

Senin, 12 Oktober 2015 08:35 WIB
.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Senin (12/10/2015) pagi mencatat, ada 90 titik panas di Sumatera dan menyebar di lima provinsi.

Seperti biasa, hasil pantauan Satelit Terra dan Aqua, titik panas tersebut masih didominasi oleh Sumatera Selatan. 90 titik panas atau hotspot ini di antaranya terdapat di Sumatera Selatan sebanyak 65 titik panas, Lampung 14 titik panas, Riau delapan titik panas, Bengkulu dua titik panas dan Jambi satu titik panas.

"Masih didominasi oleh Sumatera Selatan. Ini menurun (titik panas)nya bila dibanding semalam," kata kepala BMKG, Sugarin.Untuk Provinsi Riau, delapan titik panas itu menyebar di tiga kabupaten/kota, seperti di Kepulauan Meranti tiga titik panas, di Pelalawan tiga titik panas dan di Bengkalis dua titik panas. Sementara untuk titik api, BMKG melaporkan masih nihil.

Akibat dari terus adanya titik panas hasil dari kebakaran lahan dan hutan, sejumlah kawasan di Provinsi Riau hingga kini masih diselimuti kabut asap, diantaranya Pekanbaru dengan jarak pandang 1 Km, Rengat 800 meter, Dumai 500 meter dan Pelalawan 700 meter. "Secara umum cuaca wilayah Provinsi Riau masih akan cerah berawan yang disertai kabut asap. Peluang hujan dengan intensitas ringan, terjadi tidak merata pada sore atau malam hari di wilayah Riau bagian utara, barat dan tengah," tukas Sugarin, Senin pagi.

Sumber:GoRiau.com
wwwwww