Home > Berita > Riau

Warga Riau Kecewa Jokowi Cuma Datangi Bekas Lahan Terbakar yang Sudah ”Dibagus-bagusin” dan Tak Kunjungi Korban Keganasan Asap di Rumah Sakit

Warga Riau Kecewa Jokowi Cuma Datangi Bekas Lahan Terbakar yang Sudah ”Dibagus-bagusin” dan Tak Kunjungi Korban Keganasan Asap di Rumah Sakit

Presiden Joko Widodo, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meninjau lahan bekas kebakaran yang "diperindah" di Rimbopanjang, Kampar, Riau, Jumat (9/10/2015) lalu.

Minggu, 11 Oktober 2015 11:32 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sejumlah warga mengaku kecewa karena kunjungan Presiden Joko Widodo ke Riau hanya meninjau lokasi pembuatan embung penampung air dan kanal air di kawasan bekas kebakaran hutan dan lahan Rimbopanjang, Kabupaten Kampar, Jumat (9/10/2015) lalu. Sedangkan lahan milik puluhan perusahaan yang terbakar luput dari agenda tersebut.


Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan yang mendamping Jokowi beserta rombongan tersebut diarahkan melihat lahan yang sudah ”diperindah” oleh pemerintah berupa penampungan air, sedangkan lahan perusahaan yang terbakar lolos dari pandangan Jokowi. Padahal, Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Riau untuk mengetahui kondisi riil penanganan kebakaran lahan dan penanganan dampak kesehatan karena kabut asap.

"Pak Jokowi diarahkan mengunjungi lahan bekas terbakar yang sudah dibagus-bagusin, sementara lahan perusahaan yang ditumbuhi semak belukar karena tidak dirawat dan akhirnya terbakar, tidak dikunjungi," kata Roy salah seorang warga Kota Pekanbaru.

Roy sangat menyayangkan, Presiden Jokowi tidak melihat kondisi Riau yang sebenarnya. Bukan tanpa sebab, lebih dari 50 ribu warga Riau yang terjangkit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat kebakaran lahan perusahaan.

"Polda Riau mencatat ada 18 perusahaan yang sedang dilakukan penyidikan, sedangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat ada 22 perusahaan di Riau sedang diperiksa administrasi terkait kebakaran lahan di areal perusahaan, seharusnya salah satu lahan perusahaan yang terbakar itu dilihat Pak Jokowi," ketus Roy.

Tak hanya Roy, M Syukur warga Kabupaten Kampar mengaku senang Presiden Jokowi mau ke Riau untuk memperhatikan rakyatnya yang sudah lama menantikan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Tapi sayangnya, warga yang sakit karena kabut asap tidak dikunjungi pak presiden, seharusnya Gubernur Riau mengajak pak presiden untuk ke rumah sakit, lihat dong anak bayi di RS Santa Maria, ada beberapa yang dirawat karena kabut asap," ketus Syukur.

Syukur mengaku memiliki hobi yang sama dengan Presiden Jokowi, yakni pecinta music rock. Dia mengagumi sosok suami Iriana itu, namun dia juga berharap Jokowi tetap harus maksimal dalam mensejahterakan masyarakat tanpa bisikan dari siapa pun.

"Kami tidak sempat berkeluh kesah, sebulan lebih kami hirup udara kotor akibat kebakaran hutan, anak anak sakit, tapi kedatangan Pak Jokowi hanya di lokasi yang sudah dirawat sebelumnya, lalu saudara kami di rumah sakit bagaimana? Gubernur saja tidak mau menjenguk, apalagi presiden," sesal Syukur. ***

(Akham Sophian)
Sumber:Merdeka.com
wwwwww