Kalau Masih Mau Berkarier Lama, PNS Jangan Coba-coba Berpolitik Praktis

Kalau Masih Mau Berkarier Lama, PNS Jangan Coba-coba Berpolitik Praktis

Ilustrasi

Senin, 14 September 2015 05:46 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Ini warning bagi PNS di pusat daerah. Jangan coba-coba terlibat politik praktis jika tidak ingin dipecat sebagai PNS. ”UU Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah sangat jelas melarang PNS terlibat politik praktis. Kalau masih ada PNS yang ngeyel, sanksinya sudah jelas, diberhentikan dengan tidak hormat,” tegas Menteri Pendayagunaan ‎Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, Minggu (13/9/2015). Untuk mengawasi 4,5 juta PNS di seluruh Indonesia, diakui Yuddy bukan hal mudah. Itu sebabnya, dia mengandalkan masyarakat dan media untuk mengawasi tingkah-pola PNS saat jelang Pilkada serentak. “Tolong diawasi dan laporkan ke kami. Saya pastikan setiap pengaduan yang masuk akan kami proses. Bila aduannya terbukti benar, saya‎ tidak segan-segan memberikan sanksi berat,” tegasnya.

Hingga hari ini, menurut Yuddy, KemenPAN-RB baru menerima pengaduan adanya politik praktis di Kabupaten Bantul. Saat ini tengah diselidiki kebenaran pengaduan itu.

“PNS tidak boleh jadi alat politik siapapun. Bagi pejabat yang memanfaatkan PNS untuk kepentingan politis, sanksinya juga berat, mulai dari penurunan pangkat, pencopotan jabatan hingga pemecatan,” tandasnya.

(Akham Sophian)
Kategori : Politik, Pemerintahan
Sumber:Metrosiantar.com
wwwwww