Korban Musibah Masjidil Haram Bertambah Jadi 87 Meninggal, Satu WNI

Korban Musibah Masjidil Haram Bertambah Jadi 87 Meninggal, Satu WNI

Musibah di Masjidil Haram. (foto: the khaleej times)

Sabtu, 12 September 2015 02:32 WIB
MEKAH, POTRETNEWS.com -  Sekurangnya 87 jamaah haji meninggal dan 183 lainnya terluka dalam musibah robohnya tower crane, yang menimpa Masjidil Haram di Mekah, Jumat, 11 Setember 2015.Demikian pernyataan otoritas di Arab Saudi. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan ada 20 jamaah calon haji Indonesia menjadi korban luka dan satu jamaah meninggal akibat alat berat jatuh di Masjidil Haram, Mekah, Jumat, 11 September 2015, menyusul hujan deras disertai angin kencang.

"Kejadian ini memang luar biasa," ujar Amirul Hajj itu, dalam pembicaraan via telepon dengan tim Media Center Haji (MCH) di Makkah, Jumat malam.

Ia mengakui akibat hujan deras dan angin kencang di Makkah, alat berat yang digunakan untuk perluasan Masjidil Haram terjatuh.

"Ada jamaah kita sebanyak 20 orang yang terluka dan sudah dibawa ke rumah sakit di Jiyad, Arab Saudi," kata Menag.

Selain itu, kata dia, ia menerima informasi ada satu jamaah yang meninggal namun masih membutuhkan data detil terkait nama dan embarkasi mana.

"Keluarga di Indonesia harap tetap tenang karena korban luka sudah ditangani dokter yang profesional," ujarnya.

Menteri agama juga mengimbau agar jamaah yang akan melaksanakan umrah qudum (kedatangan) menunda dulu ibadahnya sampai situasi di Masjidil Haram dinyatakan aman.

(Mario A Khair)
Kategori : Peristiwa
Sumber:Tempo.co
wwwwww