PotretNews.com Rabu 22 Februari 2017
Home >  Artikel >  Wisata

Dulu Hanyalah Kebun Kelapa, Pantai Purnama Kini Jadi Wisata Keluarga di Kota Dumai

Dulu Hanyalah Kebun Kelapa, Pantai Purnama Kini Jadi Wisata Keluarga di Kota Dumai

Pantai Purnama di Kota Dumai. (foto: muhammad ihsan dardoum)

Sabtu, 26 Maret 2016 07:15 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Pantai Purnama begitulah salah satu tempat wisata yang berada di kelurahan Purnama Kecamatan Dumai Barat, Provinsi Riau. Beberapa tahun lalu tempat ini hanyalah kebun kelapa warga, namun kini pantai purnama menjadi pilihan warga Dumai untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.Dulu di tepian pantai berlumpur ini tidak tertata rapi, namun kini, batu-batuan terlihat ada di pinggir pantai dengan terrtata membuat, bahkan dulu masyarakat sekitar hanya menggunakan pantai itu menyandarkan sampan mereka setelah pulang dari menangkap ikan.

“Dulu namanya pantai tysan, namun kini tempat itu akrab di sebut Pantai Purnama karena letaknya dikelola warga tempatan sebagai objek wisata keluarga. Awalnya swadaya masyarakat yang bergotong royong membersihkan lalu membuat pondok pondok hingga panggung sebagai tempat bersantai juga acara pentas seni,” terang salah seorang pedagang es kelapa, Udin.

Memang terlihat sepanjang pantai ada puluhan pedagang kelapa dengan pondok yang sederhana berjualan disana. Pemandangan ke arah Pulau Rupat menambah keasyikan tersendiri untuk menghabis akhir pekan di sana.

Ads
”Masyarakat bisa bersantai dan duduk di pondok-pondok yang sengaja disediakan pengelola yang menyediakan aneka makanan dan minuman,” tuturnya.

Ia mengatakan akhir pekan, Sabtu dan Ahad para pengunjung akan semakin ramai, mereka hanya bersantai-santai sambil melihat pemadangan yang ada. ”Awalnya Pantai Purnama ini kurang diminati warga pengunjung karena kurang menarik, karena sebelumnya jalan tanah sangat tidak nyaman ketika turun hujan, namun sejak ditata dan dibangun oleh pemerintah melalui aspirasi masyarakat setempat kini sudah semakin ramai dikunjungi wisatawan lokal untuk menikmati pesisir,” tambahnya.

Salah seorang warga, Angga mengatakan pantai purnama memang saat ini menjadi salah satu obyek wisata, namun sayangnya di tepian pantai masih lumpur sehingga masyarakat tidak bisa turun ke tepian pantai terutama ketika hujan tiba.

”Jadi hanya bisa duduk saja, di pondok-pondak sambil menikmati tiupan angin pantai, kami berharap pemerintah bisa memberi perhatian lebih agar pantai ini bisa menjadi pusat wisata unggulan,” ujarnya. ***

Editor:
M Yamin Indra

Sumber:
Indopos.com

Kategori : Wisata
loading...
www www