PotretNews.com Selasa 19 Juni 2018

Memotret Kepulauan Arwah di Rohil; Indah, Tidak Seram dan Jauh dari Gaib…

Memotret Kepulauan Arwah di Rohil; Indah, Tidak Seram dan Jauh dari Gaib…

Pantai di Kepulauan Arwah, Rokan Hilir, Riau.

Rabu, 17 Februari 2016 09:24 WIB
ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com – Provinsi Riau yang terletak di Pulau Sumatera dan mempunyai batas Selat Malaka bersebelahan dengan negara tetangga Malaysia memiliki keindahan pantai yang sangat elok.Di antara luasnya Selat Malaka terdapat sebuah kepulauan kecil yang sangat eksotis. Kepulauan Arwah yang mungkin kalau kita mencari di peta Indonesia kepulauan ini sangat kecil. Pulau ini masuk wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Obyek Wisata
Kepulauan ini tidak seseram namanya dan tidak ada hubungannya dengan hal-hal gaib. Sebaliknya, Kepulauan Arwah memiliki pantai Kepulauan Arwah yang sangat mengagumkan untuk dikunjungi. Kepulauan Arwah terdiri dari 9 gugusan kepulauan kecil yaitu Pulau Jemur, Pulau Batu Berlayar, Pulau Batu Mandi, Pulau Tokong Simbang, Pulau Batu Adang, Pulau Tokong Pucung, Pulau Pertandangan, Pulau Tokong Mas, dan Pulau Labuhan Bilik.

Kesembilan pulau ini adalah pulau kecil yang ditumbuhi beberapa bohon dan vegetasi. Sebagian besar terdiri dari batu-batu besar dan saling berdekatan. Kepulauan Arwah memberikan banyak keindahan landscape perpaduan antara birunya air, pasir putih dan hijaunya tumbuhan di pulau.

Ads
Kepulauan Arwah bisa dikatakan cukup bersih terbebas dari sampah non organik, karena belum tertalu banyak wisatawan yang berkunjung kesana. Ombak yang begitu tenang membuat wisatawan tidak perlu takut untuk menikmati keindahan laut dengan berenang, snorkling ataupun diving menikmati keindahan hayati bawah laut. Bagi yang hobi memancing bisa menyewa speedboat untuk mencari spot memancing terbaik dan merasakan kuatnya tarikan ikan-ikan yang berada di antara karang.

Di antara sembilan pulau yang ada di gugusan Kepulauan Arwah, Pulau Jemur yang paling favorit dikunjungi oleh wisatawan. Pulau jemur yang luasnya sekitas 3,5 kilometer persegi ini mempunyai keindahan bahari yang sangat mengaggumkan.

Air laut yang bersih, pasir putih yang lebih membuat wisatawan betah berlama-lama menimati Pulau Jemur. Yang paling menarik adalah, pulau ini sebagai habitat asli penyu hijau yang keberadaanya sekarang sangat jarang ditemui.

Di pulau ini dapat ditemui tempat penangkaran penyu hijau. Apabila beruntung kita akan menemukan seekor penyu yang berlabuh dan bertelur dipantai. Moment yang sangat langka untuk ditemukan. Selain keindahan pantai dan pengakaran penyu hijau, Pulau Jemur juga terdapat mercu suar, gua pertahanan Jepang, serta situs tapak kaki orang sakti, perigi tulang, dan batu Panglima Layar.

Lokasi dan akses
Kepulauan Arwah terletak di Kabupaten Rokan Hilir, Propinsi Riaumercusuar kepulauan arwah Propinsi Riau. Perjalanan menuju Pulau Jemur bisa diakses dari Pekanbaru menuju Pelabuhan Bagansiapiapi menggunakan jalur darat. Setelah itu menyewa speedboat dengan selama dua jam dan perjalanan sejauh 72km.

Fasilitas dan Akomodasi
Kepulauan Arwah masih sangat alami, belum adanya ekploitasi. Fasilitas disana masih sangat-sangat minim. Bagi yang menginginkan menginap di Kepualauan ini disarankan di Pulau Jemur dan menginap menggunakan tenda ataupun di pos penjagaan TNI AL. ***

Sumber:
[1]. gosumatra
[2]. trulyindonesia.id

Editor:
Mukhlis

loading...
Kategori : Wisata
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww