PotretNews.com Minggu 23 September 2018

Di Siak, Makam Raja Berpadu Indah dengan Taman Kota Cantik

Di Siak, Makam Raja Berpadu Indah dengan Taman Kota Cantik

Taman kota yang berada di depan makam. (foto: detikTravel)

Sabtu, 14 November 2015 21:27 WIB
SIAK, POTRETNEWS.com - Siak - Sebuah taman kota biasanya hanya diisi pepohonan dan danau. Tapi di Siak, Riau, ada taman kota yang juga terdapat makam raja di dalamnya. Indah! Sebuah taman di Kabupaten Siak menyimpan makam raja yang cantik. Tak hanya itu, ada pula anak sungai yang jernih dan indah.Makam Kototinggi berada tak jauh dari Istana Siak di Kabupaten Siak, Riau. Wisatawan cukup berjalan kaki 5 menit dari Istana Siak ke arah barat. detikTravel pun berkunjung ke sana pekan lalu. Di hadapan Makam Kototinggi mengalir anak Sungai Siak. Di sana juga ada taman kota nan indah, yang diberi nama Taman Tengku Mahratu, mengambil nama Permaisuri II.

Makam utama dengan satu-satunya cungkup adalah makam Tengku Syarif Hasyim yang jadi Sultan Siak XI. Istrinya, yang juga ibunda Sultan Syarif Kasim II, Tengku Yuk Syarifah Arsah, dimakamkan di komplek ini juga. Makam Sultan Syarif Hasyim berada tepat di samping makam ayahnya, Sayid Syarif Kasim I yang jadi Sultan Siak X bergelar Sultan as-Sayid asy-Syarif Kasim Abdul Jalil Saifuddin (berkuasa 1864-1889). Selain itu, dimakamkan pula kerabat istana.

Makam perempuan dapat dikenali dari nisannya yang berukir indah. Sedangkan, makam laki-laki dibuat polos. Kesultanan Siak banyak meninggalkan destinasi wisata sejarah di Kabupaten Siak. Kalau berwisata ke Siak, pastikan mampir ke tempat ini ya! ***

Ads
(M Yamin Indra)
Kategori : Wisata
Sumber:Detik.com
Tour de Siak 2018
wwwwww