PotretNews.com Minggu 23 September 2018

Sudah Coba Martabak Legendaris di Bukittinggi?

Sudah Coba Martabak Legendaris di Bukittinggi?

Seporsi martabak mesir ”Kaka” yang nikmat di Bukittinggi (foto: detikTravel)

Jum'at, 06 November 2015 10:26 WIB
BUKITTINGGI, POTRETNEWS.com- Bicara soal kuliner di Bukittinggi, yang terlintas di benak Anda pasti nasi kapau atau teh talua. Tapi selain itu, ada pula Martabak Mesir ”Kaka” yang sudah ada sejak 1920-an. Rasanya, luar biasa nikmat!Kota Bukittinggi di Sumatera Barat tak pernah membosankan untuk dijelajahi. Selain Jam Gadang ada pula beberapa tempat menarik seperti Ngarai Sianok, Gua Jepang, dan Jembatan Limpapeh.

Bukittinggi juga kaya akan wisata kuliner. Tak hanya nasi kapau atau teh talua, tapi juga martabak mesir. Namanya Martabak Mesir ”Kaka”, yang gerainya selalu penuh pengunjung dari siang sampai malam.

detikTravel memasuki gerai Martabak Kaka beberapa waktu lalu. Waktu memasuki pukul 20.00 WIB, dan gerai ini masih dipenuhi pengunjung. Tak hanya wisatawan, tapi juga warga lokal yang setia menyantap martabak mesir tersebut.

Ads
Gerai Martabak Kaka berlokasi di pertigaan dekat area Jam Gadang. Gerai ini sudah buka sejak 1923, oleh seorang India yang tinggal di Bukittinggi. Resep martabak pun diberikan turun-temurun, kini keturunannya yang meracik martabak satu per satu.

Gerai itu tak terlalu besar, hanya ada beberapa meja untuk makan di tempat dan sebuah bangku panjang untuk menunggu pesanan yang dibawa pulang. Ada 2 jenis martabak, yakni martabak telor biasa (Rp 15.000) dan martabak telor bebek (Rp 17.000).

Selain resep yang turun-temurun, martabak pun masih dimasak di atas tungku kayu. Tentu saja cara masak yang masih tradisional ini berpengaruh terhadap rasa martabak yang masih otentik.

Dua porsi martabak hangat pun terhidang depan mata. Satu porsi telur biasa, satu porsi lagi telur bebek. Keduanya dihidangkan dengan acar dan kuah cuka pedas.

Rasanya sangat nikmat! Martabak yang masih hangat menyatu sempurna dengan kuah cuka yang sengaja dibuat agak pedas. Tak heran banyak orang mengantre demi seporsi martabak legendaris ini. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Wisata
Sumber:Dream.co.id
Tour de Siak 2018
wwwwww