PotretNews.com Minggu 23 September 2018

Onde Mande! Begini Cantiknya Raja Ampat ala Sumbar

Onde Mande! Begini Cantiknya Raja Ampat ala Sumbar

Kawasan Mandeh, di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Rabu, 04 November 2015 20:21 WIB
MANDEH, POTRETNEWS.com - Raja Ampat di Papua punya satu spot terkenal yaitu gugusan pulau karang. Di Sumatera Barat ternyata ada pula yang mirip seperti itu. Inilah Mandeh, Raja Ampat ala Sumbar!Gugusan pulau dengan laut yang tenang mengingatkan traveler akan kecantikan Raja Ampat di Timur Indonesia. Namun, ini bukan Raja Ampat, melainkan di Mandeh. Terletak 56 kilometer dari Kota Padang, kawasan wisata ini siap menghipnosis Anda dengan kecantikannya. Seperti dilihat oleh detikTravel beberapa waktu lalu dalam acara Mandeh Joy Sailing dan Mandeh Festival 2015.

Lokasi terbaik untuk menikmati Mandeh ada di kawasan Puncak Panorama I dan Panorama II yang letaknya ada di ketinggian. Dari titik ini, traveler bisa melihat cantiknya gugusan kepulauan yang ada di Mandeh. Puncak ini pun dipenuhi oleh warga lokal saat sore hari tiba. Mereka memadati tempat ini untuk melihat sunset yang konon terindah di Sumatera Barat.

"Ada beberapa pulau dengan pasir putih yang cantik di sini. Pulau itu seperti Pulau Sironjong, Pulau Karam, Pulau Cubadak, Pulau Setan Kecil, Setan Besar, dan masih banyak yang lainnya" ujar Bupati Pesisir Selatan, H. Nasrul Abit yang ditemui di sela-sela acara.

Ads
Tak hanya oleh turis lokal, turis mancanegara pun mengakui kecantikan Mandeh. Ricardo misalnya, turis asing asal Brazil ini mengungkapkan betapa cantiknya Mandeh. Dia bahkan sudah tiga kali mengunjungi Mandeh.

"Mandeh itu sangat cantik. Pulaunya banyak yang indah, juga ada air terjunnya. Saya sangat menikmati Mandeh selama 3 kali kunjungan saya ke sini" ujarnya.

Mandeh sendiri berada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, dan berbatasan langsung dengan Kota Padang. Akses menuju ke sini bisa melalui kapal dari pelabuhan Teluk Bayur dengan lama perjalanan 1,5 jam. Atau bisa juga melalui jalur darat selama kurang lebih 2 jam dari Padang.

Selain bisa menikmati pemandangan alam, wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah laut Mandeh dengan diving ataupun snorkeling. Tercatat ada 8 titik diving di sekitar Mandeh, yang paling terkenal tentu spot kapal karam Belanda di kedalaman 27 meter yang sangat menantang.

Anda yang tertarik bisa langsung menuju ke Mandeh untuk petualangan ala Raja Ampat di Tanah Sumatera. Masalah fasilitas seperti akomodasi dan pendukungnya telah dipenuhi oleh pemerintah setempat dan akan selalu ditingkatkan setiap saat. Jadi traveler, jangan ragu untuk berkunjung ke Mandeh, Raja Ampatnya Sumatera! ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Wisata
Sumber:Detik.com
Tour de Siak 2018
wwwwww