PotretNews.com Jum'at 27 April 2018

Misteri Gua Penuh Tengkorak di Kepulauan Talaud

Misteri Gua Penuh Tengkorak di Kepulauan Talaud

Tengkorak di Gua Totambatu (foto: detikTravel)

Jum'at, 30 Oktober 2015 09:48 WIB
KEPULAUAN TALAUD, POTRETNEWS.com - Kepulauan Talaud di Sulawesi Utara menyimpan banyak keindahan dan juga misteri. Di balik Pantai Totambatu yang cantik, ada gua yang berisi banyak tengkorak. Dari mana asalnya?Melonguane adalah ibukota dari Kepulauan Talaud, salah satu kabupaten terdepan di Sulawesi Utara. Di sini terdapat bandara yang melayani penerbangan domestik, kebanyakan dari Manado.

Pulau yang lebih berkembang dibanding pulau-pulau sekitarnya ini, punya jalan yang cukup mulus, pantai yang cantik dan suasana perkotaan yang nyaman. Jika menyusuri lingkar Karakelang, wisatawan bisa singgah ke Pantai Totambatu. detikTravel berkunjung ke tempat ini pada pekan lalu.

Berada di Desa Tarohan, tidak ada tanda jelas untuk masuk ke dalam pantai ini. Terlebih, ada jalan sepanjang 200 meter yang harus dilalui untuk sampai ke pantai ini. Hanya wisatawan yang datang dengan warga lokal saja rasanya yang bisa sampai di sini. Itu karena di sekeliling jalan masuk pantai dipenuhi semak-semak dan pepohonan.

Ads
Setelah melalui jalan setapak yang berupa tanah dan karang, akhirnya sampailah ke pantai. Turis tidak bisa berenang, karena sekelilingnya dipenuhi batu karang dan pohon bakau. Tapi inti datang ke sini bukanlah bermain di pantai, tapi ke gua di atasnya. Di sana terdapat bebatuan karang yang menjulang tinggi. Bisa diakses dengan cara memanjatnya. Ingat, harus hati-hati karena belum ada pengaman di sekitarnya.

Yang ada di atas karang cukup mengagetkan. Terdapat puluhan tengkorak berbaris rapi. Kepala dibariskan dengan kepala, sementara tulang lainnya di sekelilingnya. Menurut cerita, tengkorak ini merupakan armada Spanyol yang bersembunyi dari kejaran panglima Malaka. Namun ada juga yang mengatakan tengkorak di sana merupakan nenek moyang Minahasa.

Sayangnya, belum ada penelitian atau literatur mumpuni mengenai asal-muasal dari tengkorak ini. Bahkan, warga lokal pun tidak banyak yang mengetahui kisah asli dari tengkorak ini. Di gua, terlihat susunan batu yang berisi aneka sesajen. Ada yang menaruh bunga, ada juga yang menaruh uang. Semua sesuai kepercayaan Anda saja. ***

loading...
(M Yamin Indra)
Kategori : Wisata
Sumber:Detik.com
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww